Kualitas Pelayanan Dan Pemuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Mutia .
  • Ahyar Eldine
  • Leny Muniroh

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v1i1.1766

Abstract

Pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting agar perusahaan dapat terus bertahan dalam persaingan, Perusahaan harus dapat membina hubungan baik dengan para konsumen juga kepada para pelanggannya, dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk menjaga agar konsumen tetap setia / loyal kepada perusahaan. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif maka setiap perusahaan dituntut untuk mampu memuaskan konsumennya. Sehingga strategi yang didasarkan pada komitmen manajemen untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan untuk memuaskan pelanggan secara terus-menerus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, agar loyalitas pelanggan tercipta.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran serta memperoleh gambaran jelas antara pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan yang bersangkutan. terhadap Yogya Dept. Store. Metode yang digunakan adalah melalui wawancara, riset kepustakaan, dan penelitian lapangan dengan alat kuesioner. Penelitian dilakukan di Yogya Dept. Store tepatnya pada outlet yang berlokasi di Jalan K.H Sholeh Iskandar Bogor. Yogya Dept. Store adalah perusahaan yang bergerak dibidang ritel untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa Langkah – langkah yang dilakukan oleh Yogya Dept. Store dalam mempertahankan Loyalitas pelanggan adalah Memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan, serta suasana outletnya yang lebih baik lagi kepada para konsumen dan pelanggannya. Serta hal yang perlu diperhatikan oleh Yogya Dept. Store adalah memberikan layanan yang lebih baik lagi juga menjaga kualitas pelayanannya. Dan menjaga para konsumen dan pelanggan untuk lebih loyal kepada Yogya Dept. Store.

References

Kotler, P. D. K. L. K. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). Jakarta.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi, 3.

Tjiptono F. D. D. A. (2015). Pelanggan Puas Tak Cukup ! Indeks

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

., M., Eldine, A., & Muniroh, L. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Pemuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 57–73. https://doi.org/10.32832/manager.v1i1.1766

Issue

Section

Articles