PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • Suhendri Suhendri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia
  • Immas Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia
  • Supramono Supramono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2565

Keywords:

Current Ratio, Return Asset, Return, Equity Stock Prices

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) baik secara parsial (masing-masing) maupun secara simultan (bersama-sama) terhadap harga saham. Terdapat empat variabel yang digunakan yaitu: harga saham sebagai dependent variable, sedangkan CR, ROA dan ROE sebagai independent variable. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan adalah 3 perusahaan dari 5 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007-2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara tidak acak tetapi menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel Current Ratio (CR), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, sedangkan secara parsial (masing-masing) hanya Return On Assets (ROA) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham dengan sumbangan pengaruh sebesar 15,9%.

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Suhendri, S., Nurhayati, I., & Supramono, S. (2019). PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 107–130. https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2565

Issue

Section

Articles