ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR RASIO INDUSTRI PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI SUB-SEKTOR PAKAN TERNAK

Authors

  • Yucke Olviani Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia
  • Titing Suharti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia
  • Diah Yudhawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2570

Keywords:

Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sektor industri dan kimia sub-sektor pakan ternak yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia perode 2013-2017,dengan alat ukur yang digunakan adalah analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas,rasio solvabilitas,rasio aktivitas dan rasio profitabilitas. Objek peneliitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat perusahaan go public yang bergerak dibidang peternakan yaitu PT Charoen Pokphand Tbk,PT Japfa Comfeed Tbk, PT Malindo Feedmill Tbk dan PT Sierad Produce Tbk.
201
Berdasarkan hasil analisis rasio likuiditas terdapat dua perusahaan yang berada di atas rata-rata industri dan dua perusahaan yang berada dibawah rata-rata industri. Dari hasil analisis rasio solvabilitas terdapat tiga perusahaan yang berada diatas rata-rata industri dan satu perusahaan berada dibawah rata-rata industri. Dari hasil analisis rasio aktivitas terdapat dua perusahaan yang berada diatas rata-rata industri dan dua perusahaan yang berada dibawah rata-rata industri. Dan dari hasil analisis rasio profitabilitas terdapat dua perusahaan yang berada diatas rata-rata industri dan dua perusahaan berada di bawah rata-rata industri.

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Putri, Y. O., Suharti, T., & Yudhawati, D. (2019). ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR RASIO INDUSTRI PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI SUB-SEKTOR PAKAN TERNAK. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 196–208. https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2570

Issue

Section

Articles