ANALISA LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP TIMBULNYA WORD OF MOUTH (WOM)

Authors

  • Ade Kusmiran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Syahlan Syahlan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Leny Muniroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3702

Keywords:

Lokasi, Pelayanan, Word of mouth (wom)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa lokasi dan pelayanan terhadap timbulnya word of mouth (wom) pada Klinik Nirwana Medical Centre palabuhan ratu kabupaten sukabumi.Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 91 responden. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling.Teknik pengumpulan data dengan kuesioner.Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh parsial dan signifikan terhadap timbulnya word of mouth (sig.0,006 ), kontribusinya sebesar 31,3 %, pelayanan berpengaruh parsial dan signifikan terhadap timbulnya word of mouth (sig.0,003), kontribusinya sebesar 33,3 %, lokasi dan pelayanan berpengaruh simultan (bersama-sama) secara signifikan terhadap timbulnya word of mouth (sig.0,000), kontribusinya sebesar 33,9 %.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Firdaus, Muhammad Aziz. 2016. Metodologi Penelitian. Edisi kedua.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta.

CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Heizer, J. dan Barry Render. 2015. Operation Management.

Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012, Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition.

New Jersey: Pearson Prentice Hall Tanggerang : Jelajah Nusa.

Levy, Michael dan Barton Weitz. 2007. Retail Management 6th. United States Of America : McGraw- Hill International.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.

Edisi ke-3. Jakarta : Salemba Empat.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.

Jakarta : Bumi Aksara

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan.

Jakarta : Rineka Cipta.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2010. Measuring Customer Satisfaction.

Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sinambela, L.P. 2011. Reformasi Pelayanan Publik ; Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung : Afabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung : Afabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung : Afabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor : IN MEDIA.

Terry, George R. dalam Afifudin. 2013. Dasar-dasar Manajemen.

Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi`

http://digilib.unila.ac.id/10372/109/BAB%20II.pdf /diakses tanggal 4 September 2018 pukul 13.21.

Risa Fadhila (2013) Analisis pengaruh word of mouth, kualitas layanan, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Kusmiran, A., Syahlan, S., & Muniroh, L. (2020). ANALISA LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP TIMBULNYA WORD OF MOUTH (WOM). Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 289–300. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3702

Issue

Section

Articles