PENGARUH KURS VALUTA ASING DAN INFLASI TERHADAP PENDAPATAN EKSPOR

Authors

  • Ahmad Zulfikar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Titing Suharti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Diah Yudhawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3793

Keywords:

Kurs Valuta Asing, Inflasi, Perdagangan Ekspor

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kurs Valuta Asing dan Inflasi terhadap Pendapatan Ekspor periode tahun 2010 – 2018. Populasi penelitian ini adalah Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia periode tahun 2010 – 2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurs valuta asing dan inflasi, sebagai variabel independen; pendapatan ekspor sebagai variabel dependen. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kurs Valuta Asing secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan Ekspor. (2) Inflasi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan Ekspor. (3) Kurs Valuta Asing dan Inflasi secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan Ekspor.

References

Firdaus, M Azis. (2016). Metode Penelitian (2 ed.). Tangerang: Jejalah Nusa. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sujarweni Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Zulfikar, A., Suharti, T., & Yudhawati, D. (2020). PENGARUH KURS VALUTA ASING DAN INFLASI TERHADAP PENDAPATAN EKSPOR. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 475–486. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3793

Issue

Section

Articles