PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA)

Authors

  • Muhammad Meigie Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun, Indonesia
  • Diah Yudhawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun, Indonesia
  • Renea Shinta Aminda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v3i1.3836

Keywords:

LDR, NPL, ROA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return on Asset (ROA) pada Sektor Perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2018. ROA menunjukkan perbandingan antara laba sebelum pajak terhadap total asset, sehingga penting bagi Bank BUMN untuk melakukan analisis dalam menetapkan ROA yang ditargetkan sesuai dengan kondisi perbankan dan keadaan perekonomian.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang terdiri atas : Bank Mandiri, Bank Rakyar Indonesia, Bank Negara Indonesia, dan Bank Tabungan Negara dengan menyajikan laporan keuangan periode 2009 sampai dengan 2018. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi sederhana,analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis (uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t).Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Non Performing Loan (NPL) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Sedangkan Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA).

References

Danang Sigit Sasongko.2011.Pengaruh CAR,BOPO,NIM,NPL,LDR terhadap kinerja perbankan. Skripsi.Universit as Sebelas Maret Surakarta.

Firdaus, M.Azis. 2016. Metodologi Penelitian. Edisi Kedua. Tangerang: Jelajah Nusa.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis

Multivatirate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hardiyanti.2012. Pengaruh CAR, NPL, dan LDR terhadap ROA pada Bank BUMN yang Go-Public di Indonesia.Skripsi.Universitas Hasanudin Makasar.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Saputra, M. M., Yudhawati, D., & Aminda, R. S. (2020). PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA). Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 85–93. https://doi.org/10.32832/manager.v3i1.3836

Issue

Section

Articles