PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Maretta Nursyifa Trisnawati, Syahlan A. Sume, Leny Muniroh

Abstract


Penelitian ini akan membahas seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada merek kerudung Rabbani wilayah Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mendapatkan kesimpulan hasil bahwa kedua variabel bebas (X1X2) mempengaruhi terhadap variabel terikat Y secara simultan.diperoleh koefisien korelasi (r) antara kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,638, hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara variabel Kepercayaan merek (X1) dan vriabel Kualitas produk (X2) terhadap variabel Loyalitas pelanggan (Y). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara nilai r 0,638 dengan R² 40,8%. Analisis menggunakan uji F, menunjukan F hitung 33,367 > F tabel 3,09 sehingga Ha diterima dan itu berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada merek kerudung Rabbani wilayah Bogor.

Keywords


Brand Trust; Product Quality; Customer Loyalty.

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Citranuari, S. J. (2015). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian ulang (studi pada konsumen produk kecantikan Ponds di Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi.

Dewi, W. S., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Studi kasus pada Susu Bebelac di Giant Hypermarket Karangayu Semarang. Journal of Management, 2(2). Diambil dari http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/505

Eldine, A. (2016). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Batu Split Pada PB.Royal Canggih Bogor. INOVATOR,1(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v1i1.165

Fauzan, M. R., Sutomo, M., Mubaraq, R., & Ozan, R. (2015). Pengaruh Kepercayaan Merek, Periklanan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Isotonik Mizone di Kota Palu. volume 1(1), 8

Firdaus, A. (2012). Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Ginting, N. F. H. (2015). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.

Hartati, N. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayatika. (2015). Pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko Asya Darussalam Semarang. Skripsi

Hurruyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2008). Manajemen Pemasaran (13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Muharram, H. F. (2016). Pengaruh kualitas produk dan persepsi konsumen terhadap kepuasan konsumen pada PT. Tiens Cabang Bogor (studi kasus produk teh hijau tiens di kota Bogor). Skripsi

Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yoshiko Bogor (Studi Kasus Sepatu Hak Tinggi Kode HM.04). INOVATOR, 2(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.669

Sari, S. N. (2016). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus kosmetik wardah pada toko Citra kosmetik Ciawi). Skripsi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (CAPS).

Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan Dalam Bisnis (3 ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v3i2.3849

Article Metrics

Abstract view : 1751 times
PDF - 1357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maretta Nursyifa Trisnawati, Syahlan A. Sume, Leny Muniroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.