PENGARUH NET PROFIT MARGIN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • Dicky Ramadan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Diah Yudhawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Supramono Supramono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3850

Keywords:

Net Profit margin, Earning Per Share, Harga Saham.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Net Profit Margin terhadap harga saham, pengaruh Earning per share terhadap harga saham, pengaruh Net Profit Margin dan Earning per share terhadap harga saham perusahaan dan variabel mana yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif melalui perhitungan rata-rata (mean), nilai maksimum dan minimum sehingga diperoleh gambaran mengenai data sampel dengan menggunakan metode penarikan sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 perusahaan dengan menggunakan analisa setiap variabel pada masing-masing perusahaan yaitu analisis : Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), harga saham, serta uji asumsi klasik statistik, uji regresi linier berganda dan uji koefisien korelasi dan determinasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa secara parsial variabel EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel NPM memperoleh nilai t dengan signifikan 0,098 < 0,1 disimpulkan bahwa NPM berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. EPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan yang termasuk dalam perusahaan Sub Sektor Otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa efek Indonesia. Secara simultan dengan menggunakan uji F nilai F hitung 52,526 > F tabel 3,44 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa NPM dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.

References

Darmadji, T. (2006). Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

PT Bursa Efek Indonesia. (t.t.-c). Diambil 17 Juli 2019, dari http://www.idx.co.id

Roesminiyati, R., Salim, A., & Paramita, R. W. D. (2018). Pengaruh Earning Per Share (eps), Return on Equity (roe), Dan Net Profit Margin (npm) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif Yangterdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Proceedings Progress Conference, 1(1), 861–869.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi (empat). Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. W. (2017). manajemen keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Tandelilin, A. (2010). Portofolio Dan Investasi Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Umam, K., & Susanto, H. (2017). Manajemen Investasi. Bandung: CV Pustaka Setia

Downloads

Published

2020-12-12

How to Cite

Ramadan, D., Yudhawati, D., & Supramono, S. (2020). PENGARUH NET PROFIT MARGIN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 177–190. https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3850

Issue

Section

Articles