ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN DAN SPRINGATE PADA PERUSAHAAN SEKTOR TEKSTIL

Deddy Rachmadi, Immas Nurhayati, Renea Shinta Aminda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis prediksi financial distress pada perusahaan sektor tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan-perusahaan yang menjadi sampel penelitian mengalami kesulitan keuangan atau tidak. Data di dapatkan dengan menggunakan studi pustaka. Peneliti mengumpulkan data sekunder sesuai dengan judul penelitian serta dapat di jadikan landasan teori yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan penelitian, lebih lanjut data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan, yaitu laporan laba rugi dan neraca yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan adalah tiga perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sampel yang didapat sebanyak delapan perusahaan. Hasil penelitian menggunakan metode Altman Z-Score.dan Springate bahwa terdapat dua perusahaan yang berada dalam kondisi kesulitan keuangan dan satu perusahaan yang berada dalam kondisi tidak kesulitan keuangan.

Keywords


Financial Distress; Metode Altman Z-Score; Metode Springate S-Score

Full Text:

PDF

References


A. Ros, S. (2009). Pengantar keuangan Perusahaan Corporate Finance Fundamentals (8 ed., Vol. 2). Jakarta: Salemba Empat.

Irham, F. (2013). Manajemen Kinerja (3 ed.). Bandung: Alvabea.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian (10 ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Prabowo, R., & Wibowo. (2015). Analisis perbandingan model Altman Z-Score, Zmijewski, dan springate dalam memprediksi kebangkrutan perusahaan delisting di BEI periode 2008-2013, Jakarta : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan Politeknik Negri.

Prihanthini, N. M. E. D., & Sari, M. M. R. (2013). Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Grover, Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski Pada Perusahaan Food and Baverage di Bursa Efek Indonesia . E-Jurnal Akuntansi, 417–435.

Radomi, A. (2010). Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wajana Media.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4ed) ed.).yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sugyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi (15 ed)




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v3i2.3851

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Deddy Rachmadi, Immas Nurhayati, Renea Shinta Aminda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.