ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN DAN SPRINGATE PADA PERUSAHAAN SEKTOR TEKSTIL

Authors

  • Deddy Rachmadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Immas Nurhayati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Renea Shinta Aminda Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3851

Keywords:

Financial Distress, Metode Altman Z-Score, Metode Springate S-Score

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis prediksi financial distress pada perusahaan sektor tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan-perusahaan yang menjadi sampel penelitian mengalami kesulitan keuangan atau tidak. Data di dapatkan dengan menggunakan studi pustaka. Peneliti mengumpulkan data sekunder sesuai dengan judul penelitian serta dapat di jadikan landasan teori yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan penelitian, lebih lanjut data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan, yaitu laporan laba rugi dan neraca yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan adalah tiga perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sampel yang didapat sebanyak delapan perusahaan. Hasil penelitian menggunakan metode Altman Z-Score.dan Springate bahwa terdapat dua perusahaan yang berada dalam kondisi kesulitan keuangan dan satu perusahaan yang berada dalam kondisi tidak kesulitan keuangan.

References

A. Ros, S. (2009). Pengantar keuangan Perusahaan Corporate Finance Fundamentals (8 ed., Vol. 2). Jakarta: Salemba Empat.

Irham, F. (2013). Manajemen Kinerja (3 ed.). Bandung: Alvabea.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian (10 ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Prabowo, R., & Wibowo. (2015). Analisis perbandingan model Altman Z-Score, Zmijewski, dan springate dalam memprediksi kebangkrutan perusahaan delisting di BEI periode 2008-2013, Jakarta : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan Politeknik Negri.

Prihanthini, N. M. E. D., & Sari, M. M. R. (2013). Prediksi Kebangkrutan Dengan Model Grover, Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski Pada Perusahaan Food and Baverage di Bursa Efek Indonesia . E-Jurnal Akuntansi, 417–435.

Radomi, A. (2010). Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wajana Media.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4ed) ed.).yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sugyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi (15 ed)

Downloads

Published

2020-12-12

How to Cite

Rachmadi, D., Nurhayati, I., & Aminda, R. S. (2020). ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALTMAN DAN SPRINGATE PADA PERUSAHAAN SEKTOR TEKSTIL. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 191–198. https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3851

Issue

Section

Articles