CITRA MEREK DAN LABELISASI HALAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Siti Faridatul Ulum, Achyar Eldine, Leny Muniroh

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna mengetahui dan mendapatkan sebuah gambaran sejauh mana hubungan antara citra merek dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk herbal HNI-HPAI. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 97 orang pengguna produk HNI-HPAI. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan hasil hubungan korelasi antara citra merek dan labelisasi halal dengan keputusan pembelian produk tedapat nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,714. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif. Adapun berdasarkan analisis koefisien determinasi menggambarkan bahwa variabel citra merek (X1) dan Labelisasi Halal (X2) diperoleh sebesar 0,509 atau 50,9% keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel citra merek dan labelisasi halal, dan sisanya 49,1% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Kemudian berdasarkan analisis regresi berganda menunjukan Model persamaan regresi yang dapat dituliskan dari hasil tersebut adalah sebagai berikut Y=-0,930+0,164X₁+0,984X₂. Dari persamaan tersebut dapat dilihat bahwa keseluruhan Citra Merek dan Labelisasi Halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk.

Keywords


Citra merek; Labelisasi Halal; Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Dewoto, Hedi R. (2007). Pengembangan Obat Tradisional Indonesia Menjadi Fitofarmaka. 7.

Hartono. (2016). Pentingnya Label Halal Pada Produk Untuk Meningkatkan Penjualan. gomarketingstrategic. Diambil 6 Desember 2018 (https://www.gomarketingstrategic.com/pentingnya-label-halal-pada-produk-untuk-meningkatkan-penjualan/).

Kurniawan, Arief Rakhman. (2018). Dasar-Dasar Marketing segala hal tentang marketing dan sales. Vol. 252. 1 ed. Yogyakarta: QUADRANT.

Redaksi. (2014). Persentase Jumlah Umat Islam Berbagai Daerah di Indonesia Sang Pencerah. Diambil 12 April 2019 (https://sangpencerah.id/2014/12/persentase-jumlah-umat-islam-berbagai/).

Sri Yuniarti, Vina. (2015). Perilaku Konsumen Teori & Praktik. Hlm. 215–16 dalam Keputusan Pembelian sebagai Tindakan Konsumen. Vol. 260. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suharna, Aripin, Achyar Eldine, dan Syahlan A. Sume. (2019). Citra Merek Dan Fasilitas (Tangible) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen 2(1):103–13.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian (lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami). Vol. 109. 1 ed. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. 1 ed. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Syarif, Karma. (2018). Analisis Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Survei Konsumen di Kota Bogor. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) 2(1):14-23–23.

Whidya Utami, Christina. (2017). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia). Jakarta Selatan: Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v3i3.3861

Article Metrics

Abstract view : 729 times
PDF - 725 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Faridatul Ulum, Achyar Eldine, Leny Muniroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.