PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN

Authors

  • Azam Hamad Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Syahrum Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Muhamad Azis Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v3i3.3867

Keywords:

Beban Kerja, Stres Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Beban kerja adalah tugas-tugas yang diberikan tenaga kerja atau karyawan untuk diselesaikan pada waktu tertentu. Adapun Beban Kerja di PD Pasar Pakuan Jaya yaitu berupa Situasi Kerja dan Hubungan antar karyawan. Stres Kerja pun merupakan hal yang tidak kalah berpengaruh seperti Beban Kerja. Dengan Stres Kerja yang sedikit karyawan dapat meningkatkan Prestasi Kerja karena tidak ada tekanan pada individual karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Dalam mengukur Prestasi Karyawan, terdapat dimensi-dimensi yang saling mempengaruhi dengan menggunakan skala dan indikator sebagai bahan mengolah data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini juga digunakan jenis penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengukur data yang pokok. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 61 responden sesuai dengan rumus Slovin. Dengan hasil penelitian kedua variabel (Beban Kerja dan Stres Kerja) saling mempengaruhi Prestasi Kerja Karyawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil persamaan regresi yang di dapat oleh aplikasi pengelolahan data SPSS adalah Y = 8,974 + 0,73 X1 + 0,887 X2. Dan sebesar 64% memberikan arti bahwa besarnya peranan Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Prestasi Kerja karyawan, dan selebihnya sebesar 36% berasal dari faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi Prestasi Kerja.. Karena Fhitung sebesar 54,399 > Ftabel = 4,99 maka Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Beban Kerja dan Stres Kerja secara simultan terhadap Prestasi Kerja karyawan pada PD Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor.

References

Anggraeni, Linanda Eka. 2015. Analisis beban kerja untuk menentukan jumlah karyawan optimal 226.

Dhania, Dhini Rama. 2010. Pengaruh stress kerja, beban kerja terhadap kepuasan kerja 16.

Hidayat, Zainul. 2014. Pengaruh stres dan kelelahan kerja terhadap kinerja guru smpn 2 sukodono di kabupaten lumajang. STIE WIDYA GAMA LUMAJANG 4.

Kurniawan, Hendri. 2016. Pengaruh reward, punishment, beban kerja, dan pelatihan terhadap produktifitas kerja karyawan. 5.

Musliha, Azizah. 2013. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stres kerja pada karyawan bank 2.

Poerwopoespito, Oerip. 2000. Mengatasi krisis manusia di perusahaan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, jakarta.

Riadi, Muchlisin. 2018. Pengertian, dimensi dan pengukuran beban kerja.

Rofiatun, Siti. 2017. Pengaruh sistem rekrutmen, pengembangan dan penempatan terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi di PT. Sai Garments Industries Semarang 3.

Sejati, Purnama. 2014. Hubungan motivasi kerja dengan prestasi kerja guru dan karyawan di smk muhammadiyah 1 Sleman 4.

Septianto, Dwi. 2010. Pengaruh lingkungan kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan 39–40.

Sitepu, Agripa Toar. 2014. Beban kerja dan motivasi pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara tbk cabang Manado 3.

Suhanto, Edi. 2009. Pengaruh stres kerja dan iklim organisasi terhadap turnover intention denga kepuasan kerja sebagai variabel intervening 34.

Suprihatiningrum, Hesti. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja 5.

Tunjungsari, Peni. 2011. Pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada kantor pusat PT. Pos Indonesia 2–4.

Widiawati, Firda. 2017. Pengaruh beban kerja, stress kerja dan motivasi kerja terhadap turnover intention karyawan 3.

Zahara, Zurni. 2008. Faktor penyebab stres kerja pustakawan dan perpustakaan universitas sumatra utara 2.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Hamad, A., Agung, S., & Firdaus, M. A. (2020). PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 352–363. https://doi.org/10.32832/manager.v3i3.3867

Issue

Section

Articles