PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Raden Siti Nur Afiah, Achyar Eldine, Syahlan A Sume

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas pelanggan bedak Marcks pada PT. KIMIA FARMA Tbk. Penelitian ini memperoleh data dengan penyebaran kuesioner, jumlah sampel yang diambil 100 pelanggan. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian inI adalah Uji validitas, Reabilitas, Deskriftif, Asumsi klasik, Regresi berganda, Uji t, Uji f, Korelasi, Koefisisen Determinasi, dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan berdasarkan tabel hasil analisis regresi berganda diatas diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 6,931 + 0,988X1 + 0,338X2 Dari persamaan tersebut dapat terlihat bahwa keseluruhan variabel bebas (Citra Merek dan Harga) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan persamaan dapat diketahui bahwa variabel bebas yang berpengaruh adalah Harga dengan koefisien 0,338(ketika nilai Citra merek (X1)=0), Sedangkan variabel yang berpengaruh paling tinggi yaitu Citra Merek dengan nilai koefisien 0,988 ketika nilai Harga(X2)=0). Selanjutnya dari hasil Uji Hipotesis pada taraf kesalahan 5% adalah Fhitung 59,215>F tabel 3,09 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh Citra MerekX1 dan Harga X2 secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Y.

Keywords


Citra Merek; Harga; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Amanah, D. (2012). Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Indomaret Karya Jaya Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1, 52–71. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/S6HFB

Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi pemasaran (1 ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.

Huriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen (5 ed.). Bandung: Alfabeta

Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). Pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan pada cv yoshiko bogor (studi kasus sepatu hak tinggi kode hm. 04). INOVATOR, 2(1), 5. https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.669

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiarto dan Sitinjak, D. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.

Sugiyono, D. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy (1 ed.). Yogyakarta: CV.Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v3i3.3890

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Raden Siti Nur Afiah, Achyar Eldine, Syahlan A Sume

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.