PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Authors

  • Muhammad Faqih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Achyar Eldine Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Leny Muniroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v3i4.3930

Keywords:

Kualitas Produk, Pelayanan, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Tujuan penelitian ini menggambarkan seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan sebagai variabel intervening pada PT.Agrotech Industry. Metode yang digunakan adalah riset kepustakan dan penelitin lapangan dengan kuisioner, penelitian dilakukan di PT.Agrotech Industry yang berlokasi di JL.Martadinata NO.96 Kebon Pedes Bogor, NO.Tlp : 0895-3462-7058 bisnis yang bergerak dibidang pupuk. Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh PT.Agrotech Industry dalam mempertahankan Loyalitas Pelanggan adalah memberikan Kualitas Pelayanan dan Harga secara keseluruhan. Serta hal yang perlu diperhatikan oleh PT.Agrotech Industry adalah memberikan kualitas pelayanan dan harga yang lebih baik terhadap Loyalitas Pelanggan, agar para konsumen dan pelanggannya lebih loyal kepada produk yang dibuat oleh PT.Agrotech Industry. hasil penelitian X1 diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 4.010 + 0.790 X dan hasil X2 diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 6.135 + 0.775 X. Hasil analisis simultan (Uji F) di dapatkan F hitungan sebesar peroleh t hitung 82.740 dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan hasil uji parsial (Uji t) diperoleh t hitung untuk variable kualitas produk 8.935 dan variable pelayanan 11.509. simpulan dan saran dari penelitian adalah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan.

References

Ginting, Nembah F.Hartimbul. Manajemen Pemasaran. Bandung: Cv.Yrama Widya, 2011.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta,Cv, 2015.

Sudaryono, Dr. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta, 2016.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Faqih, M., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(4), 548–553. https://doi.org/10.32832/manager.v3i4.3930

Issue

Section

Articles