EVALUASI GENDER DAN STRES KERJA MELALUI PRESTASI KERJA WANITA

Authors

  • Ajeng Bella Liani Kusumah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rachmatullaily Tinakartika Rinda Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yudiana Yudiana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Dewi Megawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v4i2.5724

Keywords:

Gender, Stres Kerja, Prestasi Kerja.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuin apakah ada pengaruh gender dan stres kerja terhadap prestasi kerja wanita, dilakukan dengan metode kualitatif dimana menggunakan 20 jurnal terdahulu dan buktikan oleh wawancara pada perusahaan daerah air minum cabang leuwiliang, Hasil dari wawancara tersebut menunjukan adanya pengaruh gender terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Dengan ini bahwa dapat dikatakan maka ditolak (diterima) berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel gender (x1) terhadap Prestasi Kerja (y). Dan menunjukan bahwa adanya pegaruh stres kerja terhadap prestasi kerja, hal ini dikarenakan terdapat penjelasan bahwa beban dan tuntutan pekerjaan yang sama, belum adanya reward and punishment yang diterapkan apalagi, reward merupakan salah satu hal yang menjadi pendorong untuk kerja lebih giat. Dan hal ini pun menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pengaruh antara stres kerja terhadap prestasi kerja, Dengan ini  dapat dikatakan maka ditolak (diterima) berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel stres kerja (x2) terhadap  variabel Prestasi Kerja (y).

References

Anisah, Nurmalasari. 2015. ‘Pengaruh Stress Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau'. 102–14.

Ayu Indah, Mutiara. 2014. ‘Pengaruh Gender Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Paragon Technology And Innovation Bandung'. 14.

Denok, Sunarsi. 2018. ‘Pengaruh Kompensasi, Komunikasi Dan Stress Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt Catur Putra Jaya Kota Depok - Jawa Barat'. 113–27.

Firdaus, Muhamad Azis. 2016. Metode Penelitian. Kedua. Depok: Jelajah Nusa.

Hermanto, Agus. 2017. ‘Teori Gender Dalam Mewujudkan Kesetaraan: Menggagas Fikih Baru'. 209–32.

Luila, Vika, and Bambang Haryadi. 2013. ‘Pengembangan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Pt Ageles Aesthetic Clinic'. 9.

Mutmainnah. 2019. ‘Kesenjangan Gender Ditinjau Dari Perspektif Islam'. 1–8.

Roring Yonatan, Mikhael, Agus Soegoto Supandi, and Lucky

Dotulong. 2014. ‘Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Prestasi Pegawai Pada Biro Umum Setda Provinsi Sulawesi Utara'. 1359–68.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.

Suwatno, and Donni Priansa Juni. 2014. Manajemen Sdm Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. ALFABETA, CV.

Wijaya, Candra, and Muhammad Rifa'i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Kusumah, A. B. L., Rinda, R. T., Yudiana, Y., & Megawati, D. (2021). EVALUASI GENDER DAN STRES KERJA MELALUI PRESTASI KERJA WANITA. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 149–156. https://doi.org/10.32832/manager.v4i2.5724

Issue

Section

Articles