PENGARUH EPS, ROE DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI

Authors

  • Mohammad Sholahuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Diah Yudhawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Supramono Supramono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Agung Wibowo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v4i2.5736

Keywords:

Earning Per Share, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Harga Saham

Abstract

Pasar modal merupakan bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi agar memperoleh modal dengan cara menerbitkan dan menjual saham ke pasar modal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham. Penelitian ini bersifat assosiatif kausal berdasarkan penjelasan diatas, yaitu penelitian yang mencari hubungan atau pengaruh sebab akibat, yaitu variabel independen/bebas (EPS, ROE, DER) terhadap variabel dependen/terikat (Harga Saham). Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan pada sub sektor farmasi dengan metode penarikan sampel yaitu purposive judgement sampling dengan jumlah sebanyak 6 sampel. Jenis data yang digunakan ialah data kuantitatif berupa laporan keuangan tahunan dari setiap perusahaan dan merupakan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Earning Per Share secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. (2)Return On Equity secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. (3)Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. (4)Earnig Per Share, Return On Equity, Debt to Equity Ratio, secara simultan berpengaruh secara signifikan secara bersama-sama terhadap harga saham.

References

Kasmir, Dr. S. E., M. M. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan (2 Ed.). Jakarta: Prenada media Group.

Silvi, A. (2019). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE) dan Debt To Equity Rasio (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Retail Trade Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013 – 2017.

Suhendri, Immas Nurhayati, & Supramono. (t.t.). Pengaruh Current Ratio, Return On aset, Return On Equity Terhadap Harga Saham.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio Dan Investasi Teori dan Aplikasi (1 ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Sholahuddin, M., Yudhawati, D., Supramono, S., & Wibowo, A. (2021). PENGARUH EPS, ROE DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 240–250. https://doi.org/10.32832/manager.v4i2.5736

Issue

Section

Articles