PENGARUH INSENTIF DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. STUDIOTAMA MAPS KONSULTAN

Authors

  • Siti Fahriah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Syahrum Agung Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ecin Kuraesin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Dewi Megawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v4i3.5905

Keywords:

Insentif, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja.

Abstract

PT. STUDIOTAMA MAPS KONSULTAN merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa layanan konsultansi meliputi jasa konsultansi non konstruksi meliputi antara lain Sistem Informasi (khususnya Sistem Informasi Spasial/SIG), Jasa Pengukuran Survey Pemetaan (remote sensing, fotogrametri dll), Studi Lingkungan dan Perencanaan dan Jasa Perencanaan Wilayah. Konsultan ini berkantor di Kota Bogor, perumahan Yasmin sektor 1 no.72, Jawa Barat dan berdiri pada tahun 2012. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic versi 21. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel insentif (X1) berpengaruh secara signifikan sebesar 31,40% pengaruh yang diberikan variabel insentif (X1) terhadap variabel Kepuasan Kerja (Y), sedangkan variabel linkungan kerja (X2) terdapat pengaruh secara signifikan sebesar 42,50% terhadap variabel kepuasan kerja (Y). Selanjutnya besar pengaruh yang diberikan oleh variabel Insentif (X1) dan variabel Lingkungan Kerja (X2) terhadap variabel kepuasan berdasarkan nilai R square yang diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 21 yaitu sebesar 0,580 (adjusted R-Square) atau sebesar 58 % sedangkan sisanya 42% variabel kepuasan dipengaruhi oleh variabel lain selain dari variabel insentif dan variabel lingkungan kerja di PT Studiotama Maps Konsultan Kota Bogor.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Abdul Madjid Latief, MM, M.Pd. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. HAJA Mandiri.

Andrian Dewi. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Repex Perdana Internasional (Licensee of Federal Express) Medan. PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan , Inovasi Dan Inkubator Bisnis ) Fakultas Ekonomi Dan Binis Universitas Muhammadiyah. Medan, Sumatera Utara.

Donni Juni Priansa. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta, Cv.

Dora Lika. (2016). Gaya Kepemimpinan, Insentif Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen, 13.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Dipenogoro.

Muslich Ansori. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press

Nurindasari Lilis. (2017). Pengaruh Insentif Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Dago Endah Bandung. Badung: UPT Perpustakaan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Cv.

V. Wiratna Sujarweni. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabarupress

V. Wiratna Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabarupress

Downloads

Published

2021-11-26

How to Cite

Fahriah, S., Agung, S., Kuraesin, E., & Megawati, D. (2021). PENGARUH INSENTIF DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. STUDIOTAMA MAPS KONSULTAN. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 284–293. https://doi.org/10.32832/manager.v4i3.5905

Issue

Section

Articles