PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERILAKU INDIVIDU

Authors

  • Nur Azizah Luthfah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Syahrum Agung Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Renea Shinta Aminda Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Zakie Hanifan Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v4i3.5907

Keywords:

Motivasi, Budaya Organisasi, Perilaku Individu.

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta bertugas dalam melayani kebutuhan masyarakat DKI Jakarta yang berkaitan dengan administrasi masyarakat Jakarta, diantaranya E-KTP, akta, kartu keluarga, dan administrasi lainnya. Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta, atau disingkat Disdukcapil DKI Jakarta berlokasi di Jl. Letjen S. Parman No. 7, RW. 08, Tomang, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui hasil dari pengaruh motivasi dan juga budaya organisasi terhadap perilaku individu pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil DKI Jakarta. Pada penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 232 dan dengan 147 sampel. Data yang diolah merupakan data primer yang didapat dari olah data melalui jawaban kuesioner berupa skala likert. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dan memakai apliaksi SPSS dengan versi 21. Hasil dari penelitian ini adalah variabel motivasi mempengaruhi variable perilaku individu dengan signifikan sebesar 16,50 % , dan terdapat pengaruh secara signifikan sebesar 23,80% pengaruh antara budaya organisasi terhadap variabel Perilaku Individu, dan secara simultan antara motivasi dan variabel budaya organisasi terhadap variabel perilaku individu pengaruhnya sebesar 0,258 atau sebesar 25,80%.

References

Asbari, Masduki, Priyono Budi Santoso, Dan Agus Purwanto. 2019. "Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pada Industri 4.0.” 8:9.

Hendri Setiawan, Dan Roy. T.T. "Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Samudra Bahari Utama.”

Nabila, Zahra Durah. 2019. "Pengaruh Kewajiban Moral Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha.” 12.

Parashakti, Ryani Dhyan, Mochamad Rizki, Dan Lisnatiawati Saragih. 2016. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Inovatif Karyawan (Studi Kasus Di Pt. Bank Danamon Indonesia).” (2):16.

Prof. Dr. Sugiyono. 2016. METODE Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Vol. 334. 23 Ed. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: ALFABETA, Cv.

Randy, Muhamad. T.T. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” 12.

Rudiantoro, Yodi. 2017. "Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Sosial Humaniora 8(1):54.

Sanhaji, Akhmad, Budi Eko Soetjipto, Dan Jalan Semarang. T.T. "Pengaruh Keadilan Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Melalui Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja.” 10.

Wulantika, Lita, Dan Henhen Wijaya. 2019. "Analisis Perilaku Individu Anggota Koperasi Yang Dipengaruhi Oleh Budaya Organisasi Dan Kinerja Pengurus.” Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA) 7(2):47–68.

Downloads

Published

2021-11-26

How to Cite

Luthfah, N. A., Agung, S., Aminda, R. S., & Hanifan, M. Z. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERILAKU INDIVIDU. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 305–316. https://doi.org/10.32832/manager.v4i3.5907

Issue

Section

Articles