PENGARUH MODAL KERJA DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Mutia Salsabila, Titing Suharti

Abstract


Pada penelitian ini terdapat modal kerja dan perputaran persediaan yang dijadikan sebagai variabel independent dan profitabilitas sebagai variabel dependent. Penelitian ini dikaji untuk mengetahui pengaruh modal kerja dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan property and real estate periode 2012-2018, baik secara parsial maupun secara simultan. Perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dijadikan sebagai populasi dalam penelitian ini dan sub sektor property and real estate sebagai sampelnya. Adapun jenis data yang digunakan ialah data kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan, yang mana bersumber dari data sekunder. Dalam metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan alat analisis yaitu SPSS 22. Dari hasil uji analisis tersebut diperoleh hasil secara parsial modal kerja sebagai variabel X1 berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, secara parsial perputaran persediaan sebagai variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan secara simultan modal kerja dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan property and real estate periode 2012-2018.

Keywords


Modal Kerja; Perputaran Persediaan; Profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Industri Telekomunikasi Di Indonesia. (t.t.).

Anggraeni, D. (2014). Pengaruh Modal Kerja Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013.

Daftar Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI. (t.t.). SahamOK.com. Diambil 15 Juli 2020, dari https://www.sahamok.com/daftar-perusahaan-properti-dan-real-estate-yang-terdaftar-di-bei/

E.E. Santoso, C. (2013). Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada PT. Pegadaian (Persero).

Lestari, E. (2017). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas perusahaan (studi kasus pada perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia).

MM, Drs. S. (2013). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (Pertama, Vol. 336). EKONISIA.

Nawalani, A. P., & Lestari, W. (2015). Pengaruh modal kerja terhapap profitabilitas pada perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia.

PT Bursa Efek Indonesia. (t.t.). Diambil 15 Juli 2020, dari https://www.idx.co.id/

S.E., M.M, K. (2011). Analisis Laporan Keuangan (Pertama, Vol. 386). PT Raja Grafindo Persada.

Vania Wijaya, L., & Tjun Tjun, L. (2017). Pengaruh Cash Turnover, Receivable Turnover, dan Inventory Turnover Terhadap Return On Asset Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015.

Widiyanti, M., & W. Bakar, S. (2014). Pengaruh Working Capital Turnover, Cash Turnover, Investory Turnover dan Current Ratio Terhadap Profitabilitas (ROA) Peruahaan Property dan Real Estate Yang Terdafta Di BEI.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/manager.v4i3.5915

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mutia Salsabila, Titing Suharti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.