PENGARUH MOTIVASI DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN RESTAURANT NETTY'S STEAK HOUSE

Authors

  • Dody Wira Arnanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rachmatulaily Tinakartika Rinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Zakie Hanifan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Anuraga Kusumah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i1.6902

Keywords:

Motivasi, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi dan loyalitas terhadap kinerja karyawan Restaurant Netty's Steak House, yang mana dalam penerapannya peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan maksud untuk menemukan pengaruh yang ada dengan jawaban sistematis yang dibuktikan dalam angka. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk variabel motivasi (X1) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap variabel kinerja (Y), dapat dilihat dari t hitung -1,221 < t tabel 2.00247 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,227 > 0,05, yang dapat diartikan bahwa motivasi bukanlah faktor yang dominan dalam meningkatkan kinerja karyawan Restaurant Netty's Steak House.Terdapat pengaruh positif pada variabel loyalitas terhadap kinerja, dapat dilihat dari t hitung 4.929 > 2.00247 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dapat diartikan bahwa lebih tinggi loyalitas karyawan Restaurant Netty's Steak House maka akan lebih tinggi juga kinerja yang dihasilkan karyawan tersebut.Pengujian yang dilakukan secara simultan memperlihatkan bahwa variabel motivasi dan loyalitas berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan Restaurant Netty's Steak House, yang mana dapat dilihat dari nilai signifikan untuk pengaruh X1 dan X2 secara stimultan terhadap Y adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F hitungnya 18,582 > 3,16 F table. Dan juga nilai R Square nya sebesar 0,395. Dengan ini menjelaskan bahwa pengaruh variabel motivasi (X1) dan loyalitas (X2) secara simultan terhadap variabel kinerja (Y) yaitu sebesar 39,5 %, dengan sisanya 60,5 % yang terdiri dari variabel lainnya seperti kompensasi, kepuasan, kepemimpinan dan variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa setiap variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan Restaurant Netty's Steak House walaupun ada variabel yang tidak terlalu dominan, karena dalam peningkatan kinerja karyawan bukan hanya satu faktor saja namun terdapat beberapa faktor pengaruh tergantung dari setiap keadaan dan kondisi dari objek penelitian.

References

Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Haragon Surabaya. 1.

Alfiyah, S. E. (2018). Motivasi Kerja, Loyalitas, Dan Kualitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Varia Usaha Gresik. Bisma (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 144. Https://Doi.Org/10.26740/Bisma.V8n2.P144-155

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Deepublish.

Fernandes, A. A. R., & Solimun. (2016). Pemodelan Statistika Pada Analisis Reliabilitas Dan Survival. Universitas Brawijaya Press.

Hamdi, A. S., & Bahruddin. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas. Health Books Publishing.

Hutahayan, B., Astuti, E. S., Raharjo, K., & Hamid, D. (2019). Praktik Kepemimpinan Transformasional Di Bumn (Kajian Empiris Karyawan Pt Barata Indonesia (Persero)). Deepublish.

Iskandar, A., Muttaqin, M., Dewi, S. V., Jamaludin, J., Irawati, Prianto, C., Siregar, R. S., Siregar, M. N. H., Chamidah, D., Sinambela, M., Limbong, A., Fadhillah, Y., & Simarmata, J. (2021). Statistika Bidang Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis.

Rahmati, I., Sa'adah, L., & Aprillia, D. (2020). Faktor Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Penerbit Lppm.

Yusri. (2016). Ilmu Pragmatik Dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Deepublish

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Arnanda, D. W., Rinda, R. T., Hanifan, M. Z., & Kusumah, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN RESTAURANT NETTY’S STEAK HOUSE. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.32832/manager.v5i1.6902

Issue

Section

Articles