PENGARUH SOFT SKILL DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT.KREASI INSPIRASI ABADI KOTA BOGOR

Authors

  • Akhmad Taupan Rinaldi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhamad Aziz Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rachmatulaily Tinakartika Rinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Agung Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i1.6903

Keywords:

Soft Skill, Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja dan Sumber Daya Manusia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Soft Skill dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Kreasi Inspirasi Abadi Kota Bogor. Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan riset kausal, Sampel pada penelitian ini adalah 41 orang responden pada PT. Kreasi Inpirasi Abadi Kota Bogor yang bertujuan untuk melihat suatu hubungan dan keterikatan antar variabel, yang dimana variabel soft skill (𔑋1) dan Pengalaman Kerja (𔑋2) adalah variabel bebas. Sedangkan variabel Prestasi  Kerja  (Y) adalah variabel terkait/depedent variabel, dimana variabel ini merupakan variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa nilai t-hitung sebesar 3.935. Karena 𔑇ℎ𔑖𔑡𔑢𔑛𔑔 = 3.935 > 𔑇tabeL= 1,683 maka Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Soft Skill dan Prestasi Kerja.Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa nilai t-hitung sebesar 7.350 Karena 𔑇ℎ𔑖𔑡𔑢𔑛𔑔 = 7.350 > 𔑇tabeL = 1,683 maka Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengalaman Kerja dan Prestasi Kerja. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan F 𔑇ℎ𔑖𔑡𔑢𔑛𔑔 = 26,318 > F 𔑇𔑡𔑎ð”‘𔑒L = 3,24 maka berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Soft Skill (X1) dan Pengalaman Kerja (X2) secara bersama-sama terhadap Prestasi Kerja (Y)

References

Abdullah, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skill di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30.

Aristarini, Luh, Kirya, I. K., & Yulianthini, N. N. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bagian Pemasaran PT Adira Finance Singaraja. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 02.

Permatasari, J. (2015). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan (Studi pada PT BPR Gunung Ringgit Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86139.

Sutrisno, H. E. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.

Hasibuan, M. (2008). Manajemen: dasar-dasar, pemahaman dan masalah. PT. Sastra bumi.

Islami, F. A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan Pt. Bumiputera Wilayah Semarang. Diponegoro.

Islami, F., & Ferdinand, A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1, 61.

Kristola, D., & Adnyani, I. G. A. D. (2014). Pengaruh pelatihan dan pengalaman kerja terhadap prestasi kerja dan dampaknya terhadap pengembangan karir pegawai di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar Manajemen EJurnal, 3. https://ojs.unud.ac.id /index.php/Management/article/ lihat/7486

Manullang, E. F. M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Rinaldi, A. T., Firdaus, M. A., Rinda, R. T., & Wibowo, A. (2022). PENGARUH SOFT SKILL DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT.KREASI INSPIRASI ABADI KOTA BOGOR. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 31–36. https://doi.org/10.32832/manager.v5i1.6903

Issue

Section

Articles