Faktor Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Susu SHI JACK SOLO

Authors

  • Dita Ayu Aryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Andri Nurtantiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.7984

Keywords:

Kepribadian, Usia, Gaya Hidup, Perssepsi Harga, Motivasi

Abstract

Abstract

The purpose of the ongoing research is to gain knowledge about the influence of personality, age, lifestyle, price perception and motivation for Shi Jack Solo Fresh Milk. The population of this study were consumers of Shi Jack Solo Fresh Milk, precisely in Surakarta. The quantitative method developed by SPSS 2016 is the selected sampling process. The analytical method used in this research is multiple linear regression analysis. The results showed that personality (X1), lifestyle (X3) and motivation (X5) did not have a significant influence on the purchase decision of Shi Jack Solo Fresh Milk (Y). On the other hand, age (X2) and perceived value (X4) significantly influence the Purchase Decision of Shi Jack Solo Fresh Milk (Y).

Keywords: Personality; Age; Lifestyle; Price Perception; Motivation.

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang berlangsung yakni guna memperoleh pengetahuan mengenai pengaruh kepribadian, usia, gaya hidup, persepsi harga serta motivasi atas Susu Segar Shi Jack Solo. Populasi penelitian ini adalah konsumen Susu Segar Shi Jack Solo bertepat pada Surakarta. Metode kuantitatif yang dilakukan perkembangannya oleh SPSS 2016 ialah proses pengambilan sampel yang dipilih. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian (X1), gaya hidup (X3) dan motivasi (X5) tidak mempunyai pengaruh signifikan atas Keputusan pembelian Susu Segar Shi Jack Solo (Y). Sebaliknya, usia (X2) dan nilai persepsi (X4) secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pemelian Susu Segar Shi Jack Solo (Y).

Kata kunci : Kepribadian; Usia; Gaya Hidup; Perssepsi Harga; Motivasi.

References

Anzelia, F. (2020). Pengaruh Usia, Pekerjaan, Keadaan Ekonomi, Gaya Hidup Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Pulang Palembang.

Aprilianti, B. (2018). PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, GAYA HIDUP DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA MASYARAKAT PRABUMULIH. 7(2), 44–68.

Astri Nurizza Agustin. (2010). PENGARUH FAKTOR USIA, TINGKAT PENDAPATAN DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASURANSI JIWA DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI.

Darmawati, D., Subekti, B., Sumarsono, & Sri, Murni, S. (2007). ANALISIS PENGARUH KEBUDAYAAN, SOSIAL, KEPRIBADIAN DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAR'E (Survei pada nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto). Performance, 06(01), 16–32.

David Muhammad, Armi Sumi, & Yusuf Wicaksono Arian. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kelas Sosial , Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Permata Insani. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH.Ahmad Dahlan Lamongan, 110–126.

Dzulkharnain, E. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.543

Ivan. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAN AUTHENTIC. Agora, 7(2).

Kadir, H. A., Syarifuddin, T., Rahman, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup , Kelas Sosial dan Kepribadian terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Sinar Manajemen, 5(2), 113–117.

Nafis, R. W., Priantono, S., & Safitri, A. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, KELAS SOSIAL DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Progress Conference, 3(2), 76–89.

Poluakan, W. S., Tewal, B., & Tawas, H. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi, Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Di Amurang). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2313–2322.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh sikap konsumen dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone (studi pada mahasiswa unsrat di manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520.

Wijaya, D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Perspektif., Vol. 15. N(2), pp-79-88

Published

2022-08-15

How to Cite

Aryanti, D. A., & Nurtantiono, A. (2022). Faktor Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Susu SHI JACK SOLO. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 339–345. https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.7984

Issue

Section

Articles