PERAN INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN BISNIS KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM KOPI KELUARGA

Authors

  • Putresa Andini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rachmatullaily Tinakartika Rinda Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yudiana Yudiana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.8079

Keywords:

Inovasi Produk, Pemasaran, Media Sosial Instagram, Penjualan

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran inovasi produk dan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Kopi Keluarga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Data kualitatif diolah menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan menggunakan literatur atau studi pustaka yang terfokus untuk menjelaskan hasil penelitian dengan indikator yang diperoleh oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi pada akun Instagram @pikel.ko. Hasil penelitian menunjukkan inovasi produk yang dihasilkan oleh UMKM Kopi Keluarga yang berperan dalam meningkatkan penjualan yaitu melalui fitur atau varian produk desain dan rancangan produk, dan kualitas produk. Sedangkan kegiatan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan fiturfitur di Instagram seperti unggahan foto atau video menarik, caption, Instagram stories dan hashtags. Adapun hasil hipotesis menunjukkan Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yaitu inovasi produk dan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram bersama sama berpengaruh signifikan terhadap peningakatan penjualan pada UMKM Kopi Keluarga.

References

Ade, D., Diem1, R., & Yulianti2, W.

(2020). Pemanfaatan Instagram

Sebagai Media Komunikasi

Pemasaran Dalam

Meningkatkan Penjualan (Studi

Kasus pada Akun Instagram

@Kaosdisablon di CV. Purwa

Satya). Jurnal Teknologika, 10(2),

–20.

https://doi.org/10.51132/Tekn

ologika.V10I2.77

Akbar, A. (2021). Factors

Influencing the Usage of

Instagram for Business and its

Effect on Financial Performance

and Non-Financial

Performance. Journal of

Digitovation and Information

System, 1(1), 43–55.

https://doi.org/10.54433/JDII

S.2021100004

Alkhowaiter, W. (2016). The Power of

Instagram in Building Small

Businesses.

https://doi.org/10.1007/978-3-

-45234-0_6

Anwar, iful, & Satrio, B. (2015).

Pengaruh Harga Dan Kualitas

Produk Terhadap Keputusan

Pembelian | Jurnal Ilmu dan Riset

Manajemen (JIRM). Volume 4, 3.

http://jurnalmahasiswa.stiesia.

ac.id/index.php/jirm/article/v

iew/3146

Bisnis, J. M., Pelanggan, K.,

Pelayanan, K., Produk, V.,

Kualitas, D., Indriana, P., &

Resti, M. (2021). Kepuasan

Pelanggan, Kualitas Pelayanan,

Varian Produk, dan Kualitas

Produk. Jurnal Manajemen

Bisnis, 18(2), 170–181.

https://doi.org/10.38043/JMB.

V18I2.2849

Dwi Yanuar, N., & Harti, H. (2020).

Pengaruh Inovasi Produk Dan

Orientasi Pasar Terhadap

Kinerja Penjualan Pada Home

Industri Olahan Ikan Di

Kabupaten Trenggalek |

Yanuar | Jurnal Manajemen

Pemasaran. Jurnal Manajemen

Pemasaran,Vol.14,N.http://203.

121.7/~puslit2_ejournal/ej

ournal/index.php/mar/article

/view/22893/20172

Ferina, N., Agung, A., Sri, G., &

Professor, D. (2019).

Opportunities and Challenges

of Instagram Algorithm in

Improving Competitive

Advantage. International Journal

of Innovative Science and Research

Technology, 4(1).

www.ijisrt.com743

Gustiana Masda, P. (n.d.). Pengaruh

Inovasi Produk dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian

Galamai Di Kota Payakumbuh.

Haryanto, R. A., Promosi, S.,

Produk, K., Ekonomi, F., Bisnis,

D., Manajemen, J., Sam, U., &

Manado, R. (2013). Strategi

Promosi, Kualitas Produk,

Kualitas Layanan Terhadap

Published

2022-08-15

How to Cite

Andini, P., Rinda, R. T., & Yudiana, Y. (2022). PERAN INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN BISNIS KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM KOPI KELUARGA. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 352–362. https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.8079

Issue

Section

Articles