ANALISIS PERUBAHAN LABA KOTOR UNTUKPENINGKATAN PENJUALAN

Authors

  • Deti Anggraeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Immas Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Riris Aishah Prasetyowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.8776

Keywords:

Analisis, Perubahan Laba Kotor, Peningkatan Penjualan.

Abstract

Abstract
The purpose of this study is to determine the calculation of changes in gross profit and to
determine the increase in sales based on an analysis of changes in gross profit at CV. Tunas
Jaya Roff. The data taken in this study is seceondary data, the sales report CV. Tunas Jaya
Roof in the year of 2016-2017.The analytical method used in this study is a method of
analysis gross profit based on histori data by analysis gross profit for multiple products. The
result of this study indicate the calculation of changes in gross profit has decreased for Tile 2
x 4 products of Rp. 167.218.136. And for Nok C products the gross profit increases of Rp.
39.131.678. And sales for each product has increased every year, where Tile 2 x 4 products
increase of Rp. 2.023.328.000 and the product of Nok C the increase of Rp. 139.799.000.


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan perubahan laba kotor dan
untuk mengetahui peningkatan penjualan berdasarkan analisis perubahan laba kotor pada CV.
Tunas Jaya Roof. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan
penjualan CV. Tunas Jaya Roof pada tahun 2016-2017. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisis laba kotor berdasarkan data historis dengan
analisis laba kotor untuk banyak produk (Multiple-Produk). Hasil penelitian ini menunjukkan
perhitungan perubahan laba kotor mengalami penurunan untuk produk Genteng 2 x 4 sebesar
Rp. 167.218.136. Dan untuk produk Nok C mengalami kenaikan laba kotor sebesar Rp.
39.131.678. Dan penjualan pada masing-masing produk mengalami peningkatan setiap
tahunnya, dimana untuk produk genteng 2 x 4 kenaikannya sebesar Rp. 2.023.328.000 dan
produk Nok C kenaikannya sebesar Rp. 139.799.000.

References

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan

Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Firdaus, Aziz, M. 2016. Metode

Penelitian. Edisi 2. Tangerang:

Jelajah Nusa.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan.

Yogyakarta: CAPS.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen

Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan

Keuangan. Jakarta: PT. Raja

Grafindo.

Munawir. 2016. Analisa Laporan

Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Prastowo, Dwi. 2014. Analisis Laporan

Keuangan: Konsep dan Aplikasi.

Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP

STIM YKPN.

Rasuandi 2008. Analisis Perubahan Laba

Kotor (Gross Profit) pada CV.

Agung Jaya Art Palembang.

Skripsi. Diakses 18 Desember

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna,V. 2017. Analisis

Laporan Keuangan: Teori,

Aplikasi, dan Hasil Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, Wiratna,V. 2015. Metodologi

Penelitian: Bisnis dan Ekonomi.

Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, Wiratna, V. 2014. Metodologi

Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Baru Press.

Published

2022-12-01

How to Cite

Anggraeni, D., Nurhayati, I., & Prasetyowati, R. A. (2022). ANALISIS PERUBAHAN LABA KOTOR UNTUKPENINGKATAN PENJUALAN. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 435–442. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.8776

Issue

Section

Articles