LITERASI UANG ELEKTRONIK SEBAGAI PILIHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT IBUKOTA DI ERA DIGITAL

Retno Dwi Sri Handayani, Mayang Salsabila Lubis, Sulistyo Anjar Wiranto

Abstract


Pengguna uang elektronik kini berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswa
dan pekerja yang biasanya mengincar promo dan diskon di dalamnya. Meningkatnya penggunaan, pasti diikuti pula dengan meningkatnya merchant-merchant yang mendukung pembayaran dengan uang elektronik sehingga hal tersebut mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang menggunakannya, dan kami pun melakukan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam untuk menggali informasi dari beberapa informan mengenai eksistensi uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya dilihat dari segi kepercayaan, kenyamanan, fasilitas pelayanan, keamanan, pengetahuan, aktivitas, opini serta minatnya dalam menggunakan uang elektronik. Untuk menguji keabsahan data, digunakanlah teknik triangulasi sumber yaitu dengan menguji data dengan sumber yang berbeda-beda. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman (Prastowo, 2012: 242) yang dapat melalui 4 proses yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uang elektronik sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi gaya hidupnya dan kami harap, ini dapat menjadi bahan literasi bagi masyarakat Ibukota tentang uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya di era digital


Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode

Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya

Mendukung Penggunaan Kualitatif

Dalam Berbagai Disiplin Ilmu.

Rajawali Pers: Jakarta.

Creswell, John. (2016). Research

Design: Pendekatan Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Pustaka Pelajar.:Yogyakarta

Lestari, Daurina, dkk. 2019

“Sengitnya Perang Uang Elektronik”

(diakses pada 26 Mei 2019)


Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats