IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL ATASI CYBERCRIME PADA MAHASISWA

Authors

  • Awiria Awiria Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sani Aryanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yohamintin Yohamintin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Markum Markum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4680

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk mengurangi dapak buruk penggunaan teknologi yang masif berkembang. Upaya yang dilakukan berupa edukasi yang menggunakan metode sugestopedia untuk mengimplementasikan pendidikan ramah anak berbasis literasi digital. Kegiatan ini dimulai dari mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dalam mengantisipasi dan meminimalisir dampak buruk teknologi informasi dan internet. Mengingat kemampuan menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman adalah sebuah keharusan bagi setiap orang tidak terkecuali bagi para pendidik. Peranan pendidik sangat penting dalam memberikan pengawasan dan pendampingan anak dalam menggunakan teknologi digital. Tanpa pengawasan yang baik dihawatikan anak dapat mudah mengakses konten negatif seperti pornografi, pornoaksi atau cybercrime. Upaya ini merupakan terobosan baru yang dilakukan dengan memperhatikan karakteristik berpikir anak-anak dan remaja yang dipadukan dengan konsep literasi digital. Materilainnya yaitu bahaya cybercrime dan cyberbullying di era digital. Mahasiswa juga dibekali upaya preventif dan kuratif dalam menggunakan internet. Kegiatan pengabdian ditutup dengan materi literasi digital. Setelah dilakukannya kegitaan ini pemahaman mahasiswa PGSD Ubhara Jaya dan Untirta meningkat 90%. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan mereka menjadi literat dalam bermedia sosial dan bermedia digital.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Awiria, A., Aryanto, S., Yohamintin, Y., & Markum, M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL ATASI CYBERCRIME PADA MAHASISWA. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4680

Issue

Section

Articles