PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR PKBM AL-FATTAH

Sindi Novianti, Romi Romi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar warga belajar PKBM Al-Fattah. Kecerdasan emosional merupakan kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial sehingga perlu diketahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kecerdasan emosional (X) berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar (Y), dan pengaruh variabel bebas (kecerdasan emosional) terhadap variabel terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 59.6%. Sedangkan sisanya sebesar 40.4% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Full Text:

PDF

References


Andi, J., & No, M. (2015). Pengaruh

Kecerdasan Emosional Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VII 2 SMP Negeri 1

Makassar. IV(2), 87– 101.

Firdaus Daud. (2012). Pengaruh

Kecerdasan Emosional (EQ) Dan

Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Biologi Siswa SMA 3

Negeri Kota Palopo. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Universitas Negeri Malang,

(2), 243–255.

http://journal.um.ac.id/index.php/p

endidikan-danpembelajaran/article/view/3475/6

Hamdu, G. dan L. A. (2011). BELAJAR

IPA DI SEKOLAH DASAR (

Studi Kasus terhadap Siswa

Kelas ... Jurnal Penelitian

Pendidikan.

Laksono, B. A. (2018). The Effect Of

Self-Efficacy On English Training

Results. EMPOWERMENT: Jurnal

Ilmiah Program Studi Pendidikan

Luar Sekolah, 7(2), 39-46.

Mulvey, C. (1984). Wage Policy and

Wage Determination in 1983.

Journal of Industrial Relations,

(1), 112–119.

https://doi.org/10.1177/00221856

Nasution, T. B. (2013). Juril AMIK

MBP. Keuangan Dan

Perbankan, 1(1), 88–96.

https://ejournal.amikmbp.ac.id/in

dex.php/jurilmbp/article/view/16

Nauli Thaib, E. (2013). Hubungan

Antara Prestasi Belajar Dengan

Kecerdasan Emosional. Jurnal

Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–

https://doi.org/10.22373/jid.v13i

485

Pratama, A. T., & Corebima, A. D.

(2015). Hubungan Intelligence

Quotient (IQ) terhadap Capaian

Prestasi Belajar Biologi SMA

Kota Medan. Jurnal Biology

Science and Education, 4(2), 1–

Purnaningtyas, A., Sendratasik, J.,

Semarang, U. N., Suharto, S.,

Sendratasik, J., & Semarang, U.

N. (2010). Pengaruh Kecerdasan

Emosi Terhadap Prestasi Belajar

Siswa Mata Pelajaran Seni

Budaya Smp. Harmonia Journal

of Arts Research and Education,

(1).

https://doi.org/10.15294/harmoni

a.v10




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5948

Article Metrics

Abstract view : 520 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     ISSN                       eISSN                  Supervised By:

  

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335