PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Authors

  • Ahmad Hamdan Universitas Siliwangi
  • Moch Alfi Ridho Tanujaya Universitas Siliwangi
  • Lilis Karwati Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i1.7176

Abstract

Meningkatkan ekonomi keluarga tidak terlepas dari pemerintah dan keterlibatan masyarakat, dalam program pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDESA, dapat mengembangkan usaha- usaha yang dianggap potensial dan produktif untuk kesejahteraan rakyat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDesa dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDesa dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan potensi-potensi lokal secara berkelompok dengan dilakukan penyadaran, penguatan, pendidikan dan pelatihan tentang ekonomi, pertanian, peternakan dan jasa, perlindungan periinan lembaga, penyokongan dan pemeliharaan untuk memotivasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat desa Jayaratu. Perubahan yang terjadi dalam anggota BUMDesa ini dapat di sebutkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDesa berhasil, karena anggota BUMDesa menjalankan tugasnya dalam mengelola unit–unit usaha, baik dalam usaha pertanian, usaha pertenakan, dan usaha jasa. Hal itu bisa menjadikan anggota BUMDesa mendapat kecukupan pangan dan gizi serta peningkatan pendapatan ekonomi keluarga. Kolaborasi inilah yang menunjang tercapainya pembangunan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat.

References

Gunartin, Sunarsi, D. Hidayati, S. 2019. Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dengan Membuat Sandal Hias. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. Vol. 2, No. 1.

Karwati, L. 2017. Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Alam Setempat. Jurnal Ilmiah Visi GTK PAUD dan DIKMAS. Vol. 12, No. 1.

Kholilurrohman, M. 2016. Pengelolaan Objek Data Tarik Wisata Religi di Kabupaten Rembang. Skripsi UIN Walisongo Semarang.

Mardikanto, T. Soebiarto, P. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nursetiawan, I. 2018. Strategi Pengembangan Desa Mandiri Melalui Inovasi BUMDES. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Vol. 4, No. 2.

Dwiyanti, B.S., Jemadi. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kapasitas dalam Penanggulangan Kemiskinan Melalui PNPM Mandiri Perkotaan. Jurnal Maksipreneur. Vol. 3, No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Wijaya, HAW. 2002. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

How to Cite

Hamdan, A., Tanujaya, M. A. R., & Karwati, L. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 22–32. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i1.7176

Issue

Section

Articles