FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PASIEN LUAR WILAYAH DI PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR TAHUN 2018

Authors

  • Rachma Hidana
  • Robby Shaputra
  • Husnah Maryati

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v1i2.1596

Abstract

Jumlah kunjungan pasien yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor pada tahun 2017 sebanyak 58.340 dengan rata-rata kunjungan 200 pasien/hari. Dari jumlah kunjungan tersebut, kunjungan pasien dalam wilayah hanya 13.727 (24%) dan 44.613 (76%) sisanya
merupakan pasien luar wilayah kerja Puskesmas Tanah Sareal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan antara karakteristik predisposisi (umur, pendidikan, pekerjaan),
karakteristik pendukung (ketersediaan tenaga kesehatan, aksesibilitas, kepemilikan asuransi kesehatan), dan karakteristik kebutuhan (persepsi sakit) pasien luar wilayah terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional, dengan jumlah sampel 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuisioner dan dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil analisa
Chi Square menunjukan bahwa ada hubungan antara variabel ketersediaan tenaga kesehatan (p=0,012) dan persepsi sakit (p=0,002) dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Hastono, S.P. 2016. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hidayat, A.A.A. 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Penerbit Salemba Medika, Jakarta.

Kapantow, G, dkk. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kema Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Kawatu, P, dkk. 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kema Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2013. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik

Indonesia No 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Masita, A, dkk. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Desa Tanailandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo, Kendari.

Napirah, M.R, dkk. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota Vol. 7 No. 1

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2005. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Rusdin, M. 2015. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pesisir Di Wilayah Kerja Puskesmas Bowong Cindea Kabupaten Pangkep. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar.

Siregar, N.H. 2017. Determinan Pemanfaatan Puskesmas Oleh Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tampi. J, dkk. 2015. Hubungan Antara Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Manembo-Nembo Bitung Tahun 2015. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Wahyuni, N.S. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sumber Rejo Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Wibowo, A. 2014. Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Artikel