ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS) DI PUSKESMAS BOGOR TENGAH KOTA BOGOR TAHUN 2018

Authors

  • Chairul Umam
  • Lilis Muchlisoh
  • Husnah Maryati

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v2i1.1784

Abstract

Salah satu upaya dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk melihat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan, sehingga dapat diketahui unsur yang dipertahankan dan diperbaiki oleh puskesmas dan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Populasi
penelitian adalah kunjungan pasien 2017 metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diambil 100 orang. Pengumpulan data dimulai dari jam buka pendaftaran sampai selesai dilaksanakan. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 30 item. Hasil penelitian dianalisis dengan membandingkan harapan dan kenyataan yang menggambarkan tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dalam dimensi tangibles 95.05%, reliability 102.66%, emphaty 101.40%, responsiveness 97.00%, dan assurance 96.00%. Dengan tingkat kepuasan secara keseluruhan 98.58% dikategorikan memuaskan.Berdasarkan hasil studi disarankan agar melakukan evaluasi secara rutin setiap 6 bulan, perbaikan dengan memberikan pelatihan dan kerjasama dengan petugas dalam peningkatan kualitas pelayanan yang berfokus pada
kepuasan pasien.

References

Asmanningtyas, D. S. (2013). Metode Importance Analisys (IPA) Kepuasan Pasien Poliklinik Semarang tahun 2013. Kesehatan Masyarakat.

Bappenas, (2009). “Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Kesehatan yang Berkualitas”.

Fazrin Nurul. (2015). “Kualitas Pelayanan di Puskesmas Segedong Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah”. Jurnal Publika Jurnas S-1 Administrasi Negara, Volume 4 Nomor 2

Gata, W., & Gilang, O. H. (2017). Analysis Of Information System Quality

Of Service On Bsi Academy’s Environment Using Webqual Methods, Importance Perfomance Analysis And Fishbone. Journal of Theoretical and Applied Infromation Technology. 95(2), 229.

Gultom, J. R, (2008). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Poliklinik Rumah Sakit Azra Tahun 2008. Universitas Indonesia. Jakarta

Hanson, K., Winnie, C., & Hsiao. (2005). The Impact of quality on the demand for outpatient service in Cyprus. Journal Health Economic, 13 1176-

Hedrik, Gray Leonard. 2012. Analisis Pegaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Elim Kabupaten Torja Utara, Universitas Hasanuddin, Jurusa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Skripsi.

Parasuraman, A. et al. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research. Journal

of Mareketing, Vol.49, No. 4 (1985): h. 41-50

Pohan, Imbao S. 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Tjiptono, Fandy. (1997). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yamit, Z. (2002). Manajemen Kualitas P{roduksi dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Downloads

Published

2019-02-01

Issue

Section

Artikel