HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMK ANALISIS KIMIA NUSA BANGSA KOTA BOGOR TAHUN 2018

Authors

  • Prawira Dieniyah
  • Merry Maeta Sari
  • Ichayuen Avianti

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1801

Abstract

Anemia gizi besi adalah kekurangan kadar haemoglobin (Hb) dalam darah yang disebabkan karena kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan Hb. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia dengan kejadian anemia pada remaja
putri di SMK Analsisis Kimia Nusa Bangsa Kota Bogor tahun 2018. Penelitian ini mengggunakan desain Cross Sectional dengan populasi sebanyak 301 siswi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden dengan teknik sampling yaitu Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan analisa data menggunakan perangkat lunak aplikasi statistik. Hasil
penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan anemia dengan kejadian anemia (p = 1.000). Perlu adanya program pendidikan kesehatan khususnya untuk
pencegahan anemia pada remaja putri di SMK Analisis Kimia Nusa Bangsa

References

Amalia Rachma, Allaily. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kebersihan Organ Genitalia Ekstena di SMAN 90 Jakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Amany, Hasna Afifah. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia. Dengan Kejadian Anemia Pada Siswi Di 3 SMA Kota Yogyakarta 2015. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Caturiyantiningtiyas, Titin. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku dengan Kejadian Anemia Remaja Putri Kelas X dan XI SMA Negeri 1 Polokarto. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darmasih, Ririn. (2009). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja SMA Di Sukaraja. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat. (2010). Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dwi Rahmawati, Kristanti. (2011). Analaisis Faktor Penyebab Kejadian Anemia Gizi Besi Pada Remaja Putri Di SMAN 2 Kota Bandar Lampung Tahun 2011. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Farhataeni, Fili. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Dukungan Suami Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Pabuaran Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Ibn Khaldun.

Febry, Ayu Bulan, K D, dkk. (2013). Ilmu Gizi Untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Handayani, Hesty. (2015). Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Pada Siswi kelas IX Di SMP Negeri 2 Tawangmangu. Karya Tulis Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada Surakarta.

Haninda, Pagdya. (2017). Pengaruh Pemberian Jus Jambu Biji Merah (Psidium Guajava.L) Terhadap Kadar Hemoglobin dan Ferritin Serum Penderita Anemia Remaja Putri. Tesis. Magister Ilmu Biomedik. Universitas Andalas.

Hastono, Sutanto Priyo. (2016). Analisis Data pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Herta, Yuli dan Yuliana. (2015). Pola Konsumsi (Faktor Inhibitor dan Enhancer FE) Dan Status Anemia Remaja Putri. Jurnal Gizi. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Mataram.

Mariana dan Khafidoh. (2013). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMK Swadaya Wilayah Kerja Puskesmas Karangdoro Kota Semarang Tahun 2013. Jurnal Kebidanan Vol. 2 No. 4. Politeknik Kesehatan Semarang.

Martini. (2015). Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di MAN 1 Metro. Jurnal Kesehatan Vol. VIII No.1. Program Studi Kebidanan. Politeknik Kesehatan.

Nizmah Fajriyah, Nuniek & Huda Fitriyanto, Muhammad Laelatul. Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK). Sekolah

Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Nunik dan Laelatul. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajang.

Nursari, Dilla. (2009). Gambaran Kejadian Anemia Pada Remaja Putri SMP Negeri 18 Kota Bogor Tahun 2009. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Oktalina, Era. (2011). Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMAN 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2011. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Parasdia, Roos Arum,dkk. (2017). Hubungan Anemia dengan Status Gizi Pada Remaja Putri. The Southeast Asian Journal of Midwifery Vol. 3, No. 1. Fakultas Kedokteran. Universitas Padjajaran.

Pengertian Pengetahuan http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15617/6%20BAB%20II.pdf?sezquence=6&isAllowed=y {Selasa, 30 Mei 2018, 13:49}

Profil SMK Analisis Kimia Nusa Bangsa Kota Bogor https:// www.smknusabangsa.sch.id [26 Agustus 2018]

Ratnasari, Siti Diana. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Praktik Tentang Jaminan Kesehatan Nasional pada Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Puskesmas Belong Kota Bogor Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Ilmu kesehatan. Universitas Ibn Khaldun.

Rena Benita, Nydia. 2012. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Siswa SMP Kristen Gergaji. Laporan Hasil Karya Tulis Ilmiah. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Rizka, Muhammad. (2017). Hubungan Kebiasaan Makan Pagi (Sarapan) Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Puteri Di SMA-PGRI 4 Banjarmasin. Manuskrip. Keperawatan dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Silalahio, Verarica. 2015. Potensi Pendidikan Gizi Dalam Meningkatkan Asupan Gizi Pada Remaja Putri Yang Anemia Di Kota Medan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang.

Titin dan Rizqi. (2017). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Seksual Pranikah Di SMA Al- Islam Krian Sidoarjo. Jurnal. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Wulandari, Tria. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMKN 4 Padang Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Keperawatan. Universitas Andalas.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Artikel