HYGIENE PENJAMAH MAKANAN MENYEBABKAN KONTAMINASI ESCHERICHIA COLI PADA JAJANAN PASAR TRADISIONAL

Ade Saputra Nasution

Abstract


Makanan jajanan pasar tradisional banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena rasa yang enak, murah, mudah dijumpai dan kaya akan zat gizi. Pembuatan makanan jajanan harus diperhatikan hygiene penjamah makanan karena sangat penting untuk menjaga kualitas dari makanan dan menghindari kontaminasi Escherichia coli. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan hygiene penjamah makanan dengan kontaminasi Escherichia colipada jajanan pasar tradisional Batujajar Kabupaten Bandung Barat.Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Data primer yang diperoleh melalui observasi dan hasil laboratorium. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu terhadap 10 responden. Hasil penelitian diketahui bahwa lebih dari setengahnya penjamah makanan tidak hygiene sebanyak 6 orang (60%), lebih dari setengahnya ada kandungan Escherichia colisebanyak 7 orang (70%) dan terdapat hubungan hygiene penjamah makanan dengan kontaminasi Escherichia colipada jajanan pasar tradisional Batujajar Kabupaten Bandung Barat.


Full Text:

PDF

References


Apriany, Dwi., Santy Deasy Siregar, Ermi Girsang. (2019). Hubungan Sanitasi Dan Personal Higiene Dengan Kandungan E-Coli Pada Penjual Es Doger Di Kecamatan Medan Amplas. Jurnal Kesehatan Global, Vol. 2, No. 2: 103-109.

Cahyaningsih, Chairini Tri., Haripurnomo Kushadiwijaya, Abu Tholib. (2009). Hubungan Higiene Sanitasi Dan Perilaku Penjamah Makanan Dengan Kualitas Bakteriologis Peralatan Makan Di Warung Makan. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 25, No. 4, Halaman 180 – 188.

Eryando, Tris., Dewi Susanna, Aria Kusuma, Dian Pratiwi. (2014). Hubungan Pemilihan dan Pengolahan Bahan Makanan terhadap KontaminasiEscherichia coli pada Penyajian Makanan Jajanan. Makara J. Health Res., 18(1): 41-50.

Kurniadi, Yepi., Zulfan Saam Dan Dedi Afandi. (2013). Faktor Kontaminasi Bakteri E.Coli Pada Makanan Jajanan Dilingkungan Kantin Sekolah DasarWilayah Kecamatan Bangkinang. Jurnal Ilmu Lingkungan.7 (1).

Kurniasih, Rizqi Putri.; Nurjazuli, Yusniar Hanani D. (2015). Hubungan Higiene Dan Sanitasi Makanan Dengan Kontaminasi Bakteri Escherichia Coli DalamMakanan Di Warung Makan Sekitar Terminal Borobudur, Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 3, Nomor 1.

Lestari, Dyah Puji., Nurjazuli, Yusniar Hanani. (2015). Hubungan Higiene Penjamah dengan Keberadaan Bakteri Escherichia coli Pada Minuman Jus Buah di Tembalang. Jurnal Kesehatan Lingkungan IndonesiaVol. 14 No.1 / April

Maharani,Nine Elissa. Hubungan Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan Dengan Angka Kuman Makanan Jajanan Sekitar Sma Negeri 3 Wonogiri. Jurnal Ikesma Volume 12 Nomor 2 September 2016

Marisdayana, Rara., Putri Sahara H, Hesty Yosefin. (2017) Teknik Pencucian Alat Makan, Personal Hygiene Terhadap Kontaminasi Bakteri Pada Alat Makan. Jurnal Endurance 2(3) October (376-382).

Mohede, Meyla dan Kriswiharsi K. Saptorini. (2015). Keberadaan Bakteri Escherichia Coli Pada Sambal Makanan Akibat Higiene Penjual yang Kurang Baik. Jurnal Visikes - Vol. 14 / No. 1 / April.

Ningsih, Riyan. (2014). Penyuluhan Hygiene Sanitasi Makanan Dan Minuman, Serta Kualitas Makanan Yang Dijajakan Pedagang Di Lingkungan SDN Kota Samarinda. Kemas 10 (1) 64 – 72.

Nuraya, Ardini Debilauralita Dan Triska Susila Nindya. (2017) Hubungan Praktik Personal Hygiene Pedagang Dengan Keberadaan Bakteri Escherichia Coli Dalam Jajanan Kue Lapis Di Pasar Kembang Kota Surabaya. Media Gizi Indonesia, Vol. 12, No. 1 Januari–Juni: Hlm. 7–13.

Pratidina, Azzahra., Yusniar Hanani Darundiati, Hanan Lanang Dangiran. (2017). Hubungan Higiene Dan Sanitasi Dengan KontaminasiEscherichia Coli Pada Jajanan Pedagang Kaki Lima DiSekolah Dasar Kelurahan Pendrikan Lor, Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 5, Nomor 5, Oktober.

Pratiwi, Librilliana Rizky. (2014). Hubungan Antara Personal Hygiene Dan Sanitasi Makanan Dengan Kandungan E. Coli Pada Sambal Yang Disediakan Kantin Universitas Negeri Semarang Tahun 2012. UJPH 3 (4)

Rachmawati, Roidatu., Prehatin Trirahayu Ningrum, Rahayu Sri Pujiati. (2015). Praktik Higiene Personal dan Keberadaan Bakteri Escherichia coli pada Tangan Penjamah Makanan (Studi pada Pedagang Kaki Lima di Jalan Kalimantan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Romanda, Fitka., Priyambodo, Erika Diana Risanti. (2016). Hubungan Personal Hygiene Dengan Keberadaan Escherichia Coli Pada Makanan Di Tempat Pengolahan Makanan(Tpm) Buffer Area Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Biomedika, Volume 8 Nomor 1, Februari.

Yunus, Salma P. J. M.L, Umboh. Odi Pinontoan. (2015). Hubungan Personal Higiene Dan Fasilitas Sanitasi Dengan Kontaminasi Escherichia Coli Pada Makanan Di Rumah Makan Padang Kota Manado Dan Kota Bitung. Jikmu, Vol. 5, No. 2, April.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/pro.v3i1.3119

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROMOTOR

     ISSN                       eISSN                  Supervised By:

  

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335