GAMBARAN STATUS GIZI BERDASARKAN ANTROPOMETRI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Authors

  • Eny Dwimawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i1.3144

Abstract

Masalah gizi yaitu gizi kurang maupun gizi lebih, akan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, khususnya risiko terjadinya penyakit tidak menular. Bila masalah ini berlanjut hingga dewasa dan menikah akan berisiko mempengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran status gizi berdasarkan antropometri tubuh. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat observasional. Pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling yaitu dengan teknik acak berdasarkan area (cluster random sampling). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Ibn Khaldun Bogor semester 2 yang berjumlah 85 responden. Hasil penelitian menunjukkan  sebagian besar responden adalah remaja, yakni sebesar 88,2% dengan status gizi kurang sebesar 41,7% dan gizi normal/baik sebesar 47%, dan sisanya masuk dalam kategori dewasa yaitu 11,8% dengan status gizi kurang sebesar 4,7% dan yang mempunyai gizi normal/baik sebesar 7,1%. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan perhitungan Body Mass Index (BMI) kategori underweight (10,6%), normal (54,1%), overweight (20%), dan obesitas (15,3).

References

Almatsier, S. (2003) Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Banowati, Lilis. 2019. Ilmu Gizi Dasar (Konsep Dasar Ilmu Gizi, Zat-Zat Makanan, dan Gizi Dasar Kehidupan). Yogyakarta: Deepublish.

Barker, Helen M.. 2002. Nutrition and Dietetics for Health Care. Tenth Edition. Uk: Churchil Livingstone.

Huwaida, Hikmayanti. Statistika Deskriptif. Yogyakarta: Poliban Press.

Irianto, DP. 2000. Pendidikan Kebugaran Jasmani Yang Efektif Dan Aman. Yogyakarta: Lukman Offset.

Kemenkes RI. 2020. Gizi saat Remaja Tentukan Kualitas Keturunan. Jakarta: Kemenkes RI dan BPPSDMK. 2017. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Kemenkes RI

Kusumajaya, AAN.,Wiardani, NK dan Juniarsana, IW. (2008) . Persepsi Remaja terhadap Body Image (Citra Tubuh) Kaitannya dengan Pola Konsumsi Makan. Jurnal Skala Husada. 5(2).

Marmi. (2013) Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nix, S. 2005. William's Basic Nutrition and Diet Therapy, Twelfth Edition. Elsevier Mosby Inc, USA.

Setyawati, Vilda AV dan Eko Hartini. 2018. Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Rachmawati, Muchnuria. 2012. Mencegah Obesitas (Problema Obesitas Pada Remaja). Malang: Universitas Brawijaya press (UB Press).

Supriasa, dkk. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Surbakti, EB. 2008. Kenakalan Orang tua Penyebab kenakalan Remaja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tarwoto. Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta: salemba Medika. 2010

Tutik, dkk. 2019. Pendamping Gizi Pada Balita. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2020-02-15

Issue

Section

Artikel