GAMBARAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK USIA 10-12 TAHUN DALAM PENGGUNAAN GADGET DI SDN KAYU MANIS 2 KOTA BOGOR TAHUN 2019

Authors

  • Niswah Maulida Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Asri Masitha Arsyati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Supriyanto . Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i1.3146

Abstract

Data statistik menyebutkan jumlah pengguna smartphone atau ponsel pintar di seluruh dunia dari tahun 2014 hingga 2020 diperkirakan akan melampaui angka 5 miliar, pada tahun 2019.Jumlah pengguna ponsel pintar ini diperkirakan akan terus tumbuh dari 2,1 miliar di tahun 2016 menjadi sekitar 2,5 miliar pada tahun 2019. Tujuan penelitian mengetahui gambaran peran orang tua terhadap perilaku anak usia 10-12 tahun dalam penggunaan gadget di SDN Kayu Manis 2 Kelurahan Kayu Manis Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian studi kualitatif, populasi dalam penelitian ini seluruh orang tua siswa di SDN Kayu Manis 2 Kota Bogor Tahun 2019 berjumlah 118. Dan Sampel dalam penelitian ini orang tua siswa SDN Kayu Manis 2 Kota Bogor tahun 2019 seluruh informan berjumlah 27 tediri dari informan inti 24 orang tua siswa dan informan kunci 3 orang yaitu Guru dan Kepala Sekolah. Berdasarkan hasil wawancara mendalam peran orang tua terhadap pemberian gadget pada anak sekolah dasar mempengaruhi perilaku anak, pengetahuan orang tua berpengaruh terhadap peningktan perubahan prestasi belajar anak setelah menggunakan gadget, sikap mempengaruhi emosional dan hubungan komunikasi anak kepada orang tua dan faktor lingkungan yang menjadi alasan utama anak ingin menggunakan handphone. Kesimpulan hasil penelitian wawancara mendalam variabel peran orang tua, perilaku anak, pengetahuan, sikap dan lingkungan mempengaruhi tentang penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar.

References

Asriya,Putri Wardatul.et al. Peranan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Sebagai Pemirsa Televisi Dirumah. Prosiding Ks: Riset & Pkm. kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Chusna,Puji Asmaul. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Davies Karen.et al.(2018). Development of an implementation intention-based intervention to change children"Ÿs and parent-carers"Ÿ behavior. DOI 10.1186/s40814-017-0171-6. Pilot and Feasibility Studies. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

De, Lepeleere sara.et al.(2017).The effect of an online video intervention „Movie Models"Ÿ on specific parenting practices and parental self-efficacy related to children"Ÿs physical activity, screen-time and healthy diet: a quasi experimental study. DOI 10.1186/s12889-017-4264-1. BMC Public Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Dwyer,M Genevieve.et al. (2008). What do parents and preschool staff tell us about young children's physical activity: a qualitative study. from: http://www.ijbnpa.org/content/5/1/ 66. Nutrition and Physical Activity. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Fahriantini Eva.(2016). Peranan Orang tua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger Di Al Azhar Syifa Budi Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi. kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Fitri Sulidar. (2017).Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Gregori Dario.et al (2011). The "Snacking Child” and its social network: some insights from an italian survey. http://www.nutritionj.com/content/10/1/132. Nutrition Journal. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Hesketh, D Keylie, et al. (2012). Children"Ÿs physical activity and screen time: qualitative comparison of infants and preschool children. http://www.ijbnpa.org/content/9/1/152. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Hosokawa Rikuya and Toshiki Katsur. (2017). Research article a longitudinal study of socioeconomic status, family processes, and child adjustment from preschool until early elementary school: the role of social competence. https://doi.org/10.1186/s13034-017-0206-z . Child Adolesc Psychiatry Ment Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Jamani Hasan.(2013). Perilaku Siswa Pengguna Handphone Studi Kasus Pada Siswa Smp Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis Pmis-Untan-Pss. kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Jauhar, Aldi Atwinda. Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Orangtua Anak Terhadap Prestasi Belajar Anak . kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Joussemet Mireille.et al. (2018). How to talk so kids will listen & listen so kids will talk: a randomized controlled trial evaluating the efficacy of the how-to parenting program on children"Ÿs mental health compared to a wait-list control group. https://doi.org/10.1186/s12887-018-1227-3. BMC Pediatrics. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Joyce Wamoyi.et al. (2010). Research Parent-child communication about sexual and reproductive health in rural Tanzania: Implications for young people's sexual health interventions. http://www.reproductive-health-journal.com/content/. Reproductive Health. Kutip pada tanggal 18 Januari 2019.

Kholid.Ahmad. (2012). Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Rajawali Pers. di kutip pada tanggal 22 Januari 2019

Lindsay .Geoff.et al. (2011). A comparison of the effectiveness of three parenting programmes in improving parenting skills, parent mental-well being and children"Ÿs behaviour when implemented on a large scale in community settings in 18 English local authorities: the

M.A,Febrino. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. Noura, Vol. 1 No. 1. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Manu, A Ghana Abubakar.et al. (2015). Parent–child communication about sexual and reproductive health: evidence from the Brong Ahafo region. DOI 10.1186/s12978-015-0003-. Reproductive Health. kutip pada tanggal 18 Januari 2019.

Määttä Suvi.et al. (2017). The mediating role of the home environment in relation to parental educational level and preschool children"Ÿs screen time: a cross-sectional study. DOI 10.1186/s12889-017-4694-9. BMC Public Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Muellmann Saskia.et al (2017). Views of policy makers and health promotion professionals on factors facilitating implementation and maintenance of interventions and policies promoting physical activity and healthy eating: results of the DEDIPAC project . DOI 10.1186/s12889-017-4929-9 . BMC Public Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Mufid Elly.et al. (2018). Perancangan Aplikasi Parenting Penguatan Perilaku Positif Anak Oleh Orang Tua Berbasis Android. jurnal matrik vol. 17 no. 2. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Notoatmodjo. (2010). https://www.zonareferensi.com/pengertian-instrumen-penelitian/. Di kutip pada tanggal 31 Januari 2019

O'Connor,M Teresia.et al.(2014). Psychometric validity of the parent"Ÿs outcome expectations for children"Ÿs television viewing (POETV) scale. http://www.biomedcentral.com/1471-2458/14/894. BMC Public Health. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Prasetya, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (1), 19-25.

Rahmat,Stephanus Turibius.(2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 2. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Remmers Teun.et al. (2014) A longitudinal study of children's outside play using family environment and perceived physical environment as predictors.International. http://www.ijbnpa.org/content/11/1/76. Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Retno. Devita (2017). Teori Psikososial Erikson dan Perkembangannya. https://dosenpsikologi.com/teori-psikososial-erikson. Kutip pada tanggal 04 maret 2019.

Saputra, Gilang Wisnu.(2017). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional Dan Sosial) Studi Kasus: Anak-Anak. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2). kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Stearns,A Jodie.et al. (2016). A cross-sectional study of the relationship between parents"Ÿ and children"Ÿs physical activity. DOI 10.1186/s12889-016-3793-3. BMC Public Health. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Syamsudduha Siti. (2017). Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Di Sekolah Pada Sdit Al-Fityan Kabupaten Gowa. Jurnal al-Kalam Vol. IX No. 2. kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Tang Lisa.et al.(2018). Mothers"Ÿ and fathers"Ÿ media parenting practices associated with young children"Ÿs screen-time: a cross- sectional study. https://doi.org/10.1186/s40608-018-0214-4. BMC Obesity. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Tappe, A Karyn.et al. (2013). Children"Ÿs physical activity and parents"Ÿ perception of the neighborhood environment: neighborhood impact on kids study. http://www.ijbnpa.org/content/. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. Di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Trigwell Joanne.et al.(2014). Parental views of children"Ÿs physical activity: a qualitative study with parents from multi-ethnic backgrounds living in England. DOI 10.1186/s12889-015-2351-8. BMC Public Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Walsh,M Anne.et al. (2015). Use of online health information to manage children"Ÿs health care: a prospective study investigating parental decisions. DOI 10.1186/s12913-015-0793-4. BMC Health Services Research. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Wenha Lu et al. (2015). Children's active commuting to school: an interplay of self- efficacy, social economic disadvantage, and environmental characteristics. DOI 10.1186/s12966-015-0190-8. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Wilson,Ellen K and Helen P Koo.(2010) Mothers, fathers, sons, and daughters: gender differences in factors associated with parent-child communication about sexual topics. http://www.reproductive-health-journal.com/content/. Reproductive Health. kutip pada tanggal 18 Januari 2019.

Wijanarko Joko. (2015). Pengaruh Pemakaian Gadged dan Perilaku Anak, terhadap kemampuan anak Taman Kanak-kanak Happy Holy Kids Jakarta. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Witarsa Ramdhan.et al. (2018) .Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Vol. Vi, No. 1. kutip pada tanggal 17 Januari 2019.

Zhang,Yi.et al. (2017). The role of parental health care utilization in children's unnecessary utilization in China: evidence from Shaanxi province DOI 10.1186/s12939-017-0544-8. International Journal for Equity in Health. di kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Zulfitria. (2017).Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika. kutip pada tanggal 17 Januari 2019

Downloads

Published

2020-02-15

Issue

Section

Artikel