Peran kurikulum ekonomi syariah untuk pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan

Authors

  • Samsul Basri Universitas Haleuleo
  • Bunasor Samin Institut Pertanian Bogor
  • Irfan Syauqi Beik Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1340

Keywords:

ekonomi, kurikulum, pendidikan, syariah

Abstract

Lembaga pendidikan perguruan tinggi strata satu (S-1) yang menyajikan program pengajaran ekonomi syariah dituntut melahirkan alumni-alumni yang memahami permasalahan ekonomi syariah dan solusinya di Indonesia, mendukung dan menguatkan keberadaan lembaga atau instansi syariah, serta bersinergi dalam upaya edukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan ekonomi syariah dalam kehidupan. Salah satu faktor penentu tercapainya tujuan tersebut adalah dengan menjalankan pendidikan berdasarkan kurikulum ekonomi syariah yang tepat, sesuai, dan benar. Dengan melakukan kajian analisis isi terhadap berbagai sumber pustaka yang berkaitan dengan obyek penelitian ini dan berusaha mencari gambaran menyeluruh dengan mengumpulkan data, fakta dan peristiwa kemudian dijelaskan dan dianalisis serta dikaji berdasarkan teori dari berbagai konsep para ahli sesuai dengan permasalahan utama, disimpulkan bahwa Al-Qur’an merupakan sumber ilmu. Kandungannya menitik beratkan pada aspek iman dan akhlak, sehingga al-Qur’an sangat sesuai menjadi landasan utama dalam merumuskan dan menyusun kurikulum pendidikan ekonomi syariah.

References

Alim, A. (2014) Islamisasi Ilmu Ekonomi. Bogor: PUSKI UIKA.

An-Nahlawi, A. (2004) Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Gema Insani Press. Jakarta.

Beik, I. S. (2009) ‘Analisis Peran Zakat dalam Mengurangi Kemiskinan’, Jurnal Pemikiran dan Gagasan, 2.

Beik, I. S. (2018) ‘Dampak Zakat terhadap Kemiskinan dan Kesejahteraan’, Jurnal Al-Muzaraah, 5.

Hamalik, O. (2008) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Langgulung, H. (1995) Manusia dan pendidikan: suatu analisa psikologi, filsafat dan pendidikan. Al Husna Zikra.

Marthon, S. sa’ad (2007) ‘Ekonomi Islamdi Tengah Krisis Ekonomi Global’. Jakarta Timur.

Nasution, M. E. dkk (2006) Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Kencana: Jakarta: Prenada Media Group.

Nasution, S. (2006) ‘Asas-asas Kurikulum. cet. ke-7’. Bandung: Bumi Aksara.

Nata, A. (2005) Filasafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nawawi, I. and Abdurrahman, A. (2009) Ekonomi Islam: perspektif teori, sistem, dan aspek hukum. Putra Media Nusantara.

Ndraha, T. (1998) Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Bina Aksara.

Rivai, V. (2009) Ekonomi Syariah Konsep, Praktik, dan Penguatan Kelembagaanya. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Rohman, M. (2012) Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Tafsir, A. (2012) Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2013) ‘Ilmu Pendidikan Islam, cet. 2’, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. (2016) Mengapa Ekonomi Syariah Penting untuk Indonesia. Bogor: UIKA Press.

Downloads

Published

2019-04-26

How to Cite

Basri, S., Samin, B., & Beik, I. S. (2019). Peran kurikulum ekonomi syariah untuk pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47–62. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1340

Issue

Section

Artikel