Pendidikan wirausaha bagi anak Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah dan pengaruhnya terhadap kemandirian anak

Zahid Mubarok, Didin Hafidhuddin, Hendri Tanjung, Abbas Mansur Tamam

Abstract


Jurnal ini difokuskan pada konsep pendidikan wirausaha dalam menjalankan kegiatan pendidikan dan pembinaan bagi anak panti asuhan di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan wirausaha bagi anak panti asuhan dan pengaruhnya terhadap kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif, instrumen utamanya adalah pedoman wawancara dan angket, dengan sumber datanya adalah pengurus panti dan anak asuh Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro Jawa Timur. Analisis statistik menggunakan statistik deskriptif, inferensial korelasional dan regresi, untuk mendeskripsikan kemandirian anak, dan menganalisis hubungan serta kontribusi antar variabel. Temuan penelitian ini dari analisis korelasi dan regresi ditemukan, terdapat pengaruh yang berarti dari seluruh variabel baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kemandirian anak. Temuan tersebut membawa implikasi perlunya peningkatan mutu seluruh variabel untuk mencapai kemandirian anak. Ada beberapa rekomendasi untuk PAY Muhammadiyah Bojonegoro: (1) agar membenahi administrasi dan dokumentasi yang lengkap supaya mudah mengetahui perkembangan PAY dan dapat diakses dari berbagai kalangan yang lebih luas, (2) menyusun Kurikulum secara lengkap dalam proses pendidikan dan pembinaan kepada anak asuh di berbagai sektor agar dapat dijadikan model pendidikan wirausaha, (3) menelusuri alumni anak asuh setelah selesai pendidikan.


Keywords


Konsep Pendidikan Wirausaha , anak panti asuhan , kemandirian anak

Full Text:

PDF

References


Azahari, A. (2002) Reformasi Pendidikan Menuju Indonesia Baru, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(25).

Dedi, M. (2004) Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Cet. IV. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khayyath, A. A. Al (1994) Etika Bekerja Dalam Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Sugiyarto, E. C. (2013) Gerakan Kewirausahaan Nasional Untuk Menyebar Virus Wirausaha. Tersedia pada: http://www.setkab.go.id/artikel-7434.html.

Tilaar, H. A. R. (2012) Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Umar, H. (2004) Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1359

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats