Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah

Makmudi Makmudi, Ahmad Tafsir, Ending Bahruddin, Ahmad Alim

Abstract


Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran tentang konsep pendidikan jiwa perspektif Ibnul Qayyim al-Jauziyyah. Metode penulisan dalam jurnal ini menggunakan metode studi riset kepustakaan (library research), Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) yakni berupa deskriptif-Analitik dengan sumber utama yaitu karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah yang berjudul Madariju as-Salikin dan Miftah Daaru as-Saadah. Adapun sumber sekunder terdiri dari artikel, jurnal, dan buku-buku lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Pendidikan jiwa di anggap berhasil, jika jiwa seseorang sudah mencapai derajat nafs muthmainnah, yang memiliki tiga ciri pokok yang saling menguatkan satu sama lainnya, yaitu; (1) jiwa yang beriman kepada Allah, (2) jiwa yang sabar, (3) jiwa yang berpasrah diri kepada Allah (tawakal). Melalui proses pendidikan jiwa yang mencakup: landasan teologi, tujuan pendidikan jiwa, kurikulum terpadu/manhaj at-takamul, metode yang tepat dan aplikatif sesuai tahapannya, seperti: tahapan takhliyah, tahapan tahliyah, muhasabah an-nafs, dzikrullah, dan tahqiq ubudiyah. Sehingga dari proses tersebut akan melahirkan sikap ihsan, serta akan menambah kesalehan dalam beribadah, baik yang berhubungan dengan Allah maupun yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan alam sekitar. Karena, hakikat dari sikap ihsan itu sendiri adalah menegakkan ubudiyah.


Keywords


pendidikan; jiwa; konsep pendidikan jiwa Ibn Qayyim Al-Jauziyyah

Full Text:

PDF

References


Al-Jauziyyah, I. Q. (1972) M, Madariju as-Salikin. Beirut: Darul Kitab al-Araby.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1973) Al-Fawaid. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyah.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1975) Ar-Ruh fi Al-Kalam Ala Arwah Al-Amwat wa Al-Ahya bi Ad-Dalail min Al-Kitab wa As-Sunnah. Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyah.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1994) Zadu Al-Maad fi Hadyi Khairi Al-Ibad, Muassasah ar-Risalah. Beirut.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1996) Badaiu Al-Fawaid. Maktabah Nazar Musthafa al-Baaz.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2004) Ighasatul Lahfan min Mashaa-idisy Syaithan, tahqiq?: Ali Hasan Abdul Hamid. Beirut: Dar Ibnul- Jauzi.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2005) Tuhfatul Maudud bi Ahkami Al-Maulud. Mesir: Darul Asar.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2015) Thoriqu Al-Hijratain wa Babu As-Saadatain, Terj. Jalan Orang Shalih Menuju Surga. Diterjemahkan oleh P. M. dan Mujiburrahman dan Akbar. Jakarta: Media.

Al-Jauziyyah, I. Q. (tanpa tanggal a) Uddatu as-Shabirin wa adz- Dzakhiratu as-Syakirin. Darul Kutubi al-Ilmiyah: Beirut.

Al-Jauziyyah, I. Q. (tanpa tanggal b) Miftah Daaru as-Saadah wa Mansyuru Wilayati Ahli al-Ilmi wa al-Iradah. Beirut: Daaru al-Kutub al-Ilmiyyah.

Alim, A. (2014) Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

An-Nadwi, A. al-H. (1945) Madza Khasira allam Binkhithathi al-Muslimin, al-Manshurah. Maktabah Al-Iman.

An-Nawawi, M. (1996) Syarh Shahih Muslim. Beirut: Daar Al-Khair.

Arifin, A. (2003) Memahami paradigma baru pendidikan nasional dalam Undang Undang Sisdiknas. Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Arifin, H. M. (1991) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini, A. (2005) Wajah peradaban Barat: dari hegemoni Kristen ke dominasi sekular-liberal. Gema Insani.

Ibn-Taimiyah, T. (tanpa tanggal) Majmu Fatawa. Makabah Syamilah.

Masdalipah, M., Mujahidin, E. dan Bahruddin, E. (2017) Implementasi Model Tematik Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Jihad, Tadibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), hal. 117.

Naim, M., Rofiah, N. dan Rahmat, I. (2006) NU Melawan Korupsi: Kajian Tafsir dan Fiqih. Jakarta: PB Nahdlatul Ulama.

Nasution, M. Y. (1996) Manusia Menurut al-Ghazali. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Park, J. (1974) Selected readings in the philosophy of education. Macmillan.

Riyadh, S. (2007) Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah. Jakarta: Gema Insani.

Suyatno, T. (2014) Faktor-faktor Penentu kualitas Pendidikan SMU di Jakarta. Jakarta.

Tafsir, A. (2008) Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2009) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rosda.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1366

Article Metrics

Abstract view : 3672 times
PDF - 3073 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats