Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah

Authors

  • Makmudi Makmudi Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Ahmad Tafsir UNISBA
  • Ending Bahruddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1366

Keywords:

pendidikan, jiwa, konsep pendidikan jiwa Ibn Qayyim Al-Jauziyyah

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran tentang konsep pendidikan jiwa perspektif Ibnul Qayyim al-Jauziyyah. Metode penulisan dalam jurnal ini menggunakan metode studi riset kepustakaan (library research), Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) yakni berupa deskriptif-Analitik dengan sumber utama yaitu karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah yang berjudul ‘Madariju as-Salikin dan Miftah Daaru as-Sa’adah’. Adapun sumber sekunder terdiri dari artikel, jurnal, dan buku-buku lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Pendidikan jiwa di anggap berhasil, jika jiwa seseorang sudah mencapai derajat nafs muthmainnah, yang memiliki tiga ciri pokok yang saling menguatkan satu sama lainnya, yaitu; (1) jiwa yang beriman kepada Allah, (2) jiwa yang sabar, (3) jiwa yang berpasrah diri kepada Allah (tawakal). Melalui proses pendidikan jiwa yang mencakup: landasan teologi, tujuan pendidikan jiwa, kurikulum terpadu/manhaj at-takamul, metode yang tepat dan aplikatif sesuai tahapannya, seperti: tahapan takhliyah, tahapan tahliyah, muhasabah an-nafs, dzikrullah, dan tahqiq ‘ubudiyah. Sehingga dari proses tersebut akan melahirkan sikap ihsan, serta akan menambah kesalehan dalam beribadah, baik yang berhubungan dengan  Allah  maupun yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan alam sekitar. Karena, hakikat dari sikap ihsan itu sendiri adalah menegakkan ‘ubudiyah.

References

Al-Jauziyyah, I. Q. (1972) M, Madariju as-Salikin. Beirut: Darul Kitab al-Araby.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1973) Al-Fawaid. Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1975) Ar-Ruh fi Al-Kalam ‘Ala Arwah Al-Amwat wa Al-Ahya bi Ad-Dalail min Al-Kitab wa As-Sunnah. Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1994) Zadu Al-Ma’ad fi Hadyi Khairi Al-‘Ibad, Muassasah ar-Risalah. Beirut.

Al-Jauziyyah, I. Q. (1996) Badai’u Al-Fawaid. Maktabah Nazar Musthafa al-Baaz.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2004) Ighasatul Lahfan min Mashaa-idisy Syaithan, tahqiq?: Ali Hasan Abdul Hamid. Beirut: Dar Ibnul- Jauzi.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2005) Tuhfatul Maudud bi Ahkami Al-Maulud. Mesir: Darul Asar.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2015) Thoriqu Al-Hijratain wa Babu As-Sa’adatain, Terj. Jalan Orang Shalih Menuju Surga. Diterjemahkan oleh P. M. dan Mujiburrahman dan Akbar. Jakarta: Media.

Al-Jauziyyah, I. Q. (tanpa tanggal a) ‘Uddatu as-Shabirin wa adz- Dzakhiratu as-Syakirin. Darul Kutubi al-‘Ilmiyah: Beirut.

Al-Jauziyyah, I. Q. (tanpa tanggal b) Miftah Daaru as-Sa’adah wa Mansyuru Wilayati Ahli al-Ilmi wa al-Iradah. Beirut: Daaru al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Alim, A. (2014) Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

An-Nadwi, A. al-H. (1945) Madza Khasira al’lam Binkhithathi al-Muslimin, al-Manshurah. Maktabah Al-Iman.

An-Nawawi, M. (1996) Syarh Shahih Muslim. Beirut: Daar Al-Khair.

Arifin, A. (2003) Memahami paradigma baru pendidikan nasional dalam Undang Undang Sisdiknas. Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Arifin, H. M. (1991) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini, A. (2005) Wajah peradaban Barat: dari hegemoni Kristen ke dominasi sekular-liberal. Gema Insani.

Ibn-Taimiyah, T. (tanpa tanggal) Majmu Fatawa. Makabah Syamilah.

Masdalipah, M., Mujahidin, E. dan Bahruddin, E. (2017) “Implementasi Model Tematik Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Jihad,” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), hal. 1–17.

Na’im, M., Rofiah, N. dan Rahmat, I. (2006) NU Melawan Korupsi: Kajian Tafsir dan Fiqih. Jakarta: PB Nahdlatul Ulama.

Nasution, M. Y. (1996) Manusia Menurut al-Ghazali. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Park, J. (1974) Selected readings in the philosophy of education. Macmillan.

Riyadh, S. (2007) Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah. Jakarta: Gema Insani.

Suyatno, T. (2014) “Faktor-faktor Penentu kualitas Pendidikan SMU di Jakarta.” Jakarta.

Tafsir, A. (2008) Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2009) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rosda.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2018). Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 42–60. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1366

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)