Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia
Abstract
Tulisan ini membahas tentang bagaimana potret Islam di Indonesia yang bisa dipahami dari sudut pandang sejarah perjalanan bangsa ini melalui pendidikan Islam. Ada sebagian kalangan yang masih memandang pendidikan Islam belum mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kualitas hidup bangsa Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan masih tingginya kesenjangan antara pelaksanaan dan penerapan pendidikan Islam di lembaga-lembaga formal dengan realitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Berbagai persoalan moral dan mentalitas bangsa yang justru tidak mencerminkan nilai-nilai keislaman justru menambah kuat akan asumsi dan citra pendidikan Islam di negeri ini. Paradigma pendidikan Islam yang masih memandang bahwa pendidikan itu adalah sebuah proses transformasi pengetahuan dan nilai-nilai agama tanpa mengindahkan kebutuhan sosio-kultural masyarakat yang berkembang di sekitarnya, termasuk dunia pasar kerja dan tuntutan masyarakat lainnya. Dalam hal ini, topik reformasi pendidikan Islam di Indonesia penting didiskusikan lebih serius bagi semua pihak pemerhati pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793
Article Metrics
Abstract view : 1749 timesPDF - 1778 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
View My Stats