Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia


Abstract


Tulisan ini membahas tentang bagaimana potret Islam di Indonesia yang bisa dipahami dari sudut pandang sejarah perjalanan bangsa ini melalui pendidikan Islam. Ada sebagian kalangan yang masih memandang pendidikan Islam belum mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kualitas hidup bangsa Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan masih tingginya kesenjangan antara pelaksanaan dan penerapan pendidikan Islam di lembaga-lembaga formal dengan realitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Berbagai persoalan moral dan mentalitas bangsa yang justru tidak mencerminkan nilai-nilai keislaman justru menambah kuat akan asumsi dan citra pendidikan Islam di negeri ini. Paradigma pendidikan Islam yang masih memandang bahwa pendidikan itu adalah sebuah proses transformasi pengetahuan dan nilai-nilai agama tanpa mengindahkan kebutuhan sosio-kultural masyarakat yang berkembang di sekitarnya, termasuk dunia pasar kerja dan tuntutan masyarakat lainnya. Dalam hal ini, topik reformasi pendidikan Islam di Indonesia penting didiskusikan lebih serius bagi semua pihak pemerhati pendidikan.


Keywords


reformasi; rejarah; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A. (2006). Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

al-Attas, S. M. N. (1984). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan.

Arief, A. (2005). Reformulasi Pendidikan Islam. Jakarta: CRSD Press.

Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Fadjar, M. A. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.

Kasali, R. (2017). Disruption: Menghadapi lawan-lawan tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: Gramedia.

Madjid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren: sebuah potret perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Nata, A. (2006). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Shihab, Q. (1997). Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Stenbrink, K. A. (1994). Pesantren, Madrasah, dan Sekolah. Jakarta: PT. Pustaka, LP3ES.

Tilaar, H. A. R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793

Article Metrics

Abstract view : 567 times
PDF - 436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats