Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Miftahol Jannah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bachtiar Adi Sautra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Aminatus Sya'adah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirul Mahfud Institut Teknologi Sepuluh November

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793

Keywords:

reformasi, rejarah, pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana potret Islam di Indonesia yang bisa dipahami dari sudut pandang sejarah perjalanan bangsa ini melalui pendidikan Islam. Ada sebagian kalangan yang masih memandang pendidikan Islam belum mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kualitas hidup bangsa Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan masih tingginya kesenjangan antara pelaksanaan dan penerapan pendidikan Islam di lembaga-lembaga formal dengan realitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Berbagai persoalan moral dan mentalitas bangsa yang justru tidak mencerminkan nilai-nilai keislaman justru menambah kuat akan asumsi dan citra pendidikan Islam di negeri ini. Paradigma pendidikan Islam yang masih memandang bahwa pendidikan itu adalah sebuah proses transformasi pengetahuan dan nilai-nilai agama tanpa mengindahkan kebutuhan sosio-kultural masyarakat yang berkembang di sekitarnya, termasuk dunia pasar kerja dan tuntutan masyarakat lainnya. Dalam hal ini, topik reformasi pendidikan Islam di Indonesia penting didiskusikan lebih serius bagi semua pihak pemerhati pendidikan.

Downloads

Published

2019-04-26

How to Cite

Jannah, M., Sautra, B. A., Sya’adah, A., & Mahfud, C. (2019). Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793

Issue

Section

Artikel