Respons intelektual muslim Indonesia terhadap gagasan islamisasi ilmu pengetahuan dan relevansinya terhadap tantangan era milenial

Authors

  • Abuddin Nata Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2250

Keywords:

integrasi, intelektual, islamisasi

Abstract

Gagasan islamisasi ilmu pengetahuan atau istilah lain yang berdekatan dengannya merupakan salah satu isu yang mendapat respons luas dari kalangan intelektual Muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan alasan yang bersifat ideologis dan teknis, gagasan Islamisasi ilmu tersebut dalam perjalanannya di samping menimbulkan perdebatan dan pro kontra, dalam praktiknya juga belum menunjukkan hasil yang signifikan. Kaum intelektual Muslim yang bercirikan  sikap tidak puas dengan kemapanan dan kejumudan, selalu menawarkan gagasan dan pemikiran baru yang terkadang keluar dari mainstreaming yang berlaku di masyarakat. Perguruan Tinggi Islam atau Lembaga pendidikan lain di mana kaum Intelektual Muslim itu berada, menarik untuk dipertanyakan responsnya terhadap gagasan Islamisasi ilmu tersebut serta formulasi-formulasi konkret yang ditawarkannya. Dengan menggunakan data kualitatif yang ditulis para pakar yang otoritatif, artikel ini lebih lanjut berupaya menelusuri respons kaum Intelektual Muslim di Indonesia terhadap gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan.

 

Abstract

The idea of the Islamization of science or other terms that are close to it is one of the issues that has received a widespread response from Muslim intellectuals throughout the world including Indonesia. For reasons that are ideological and technical, the idea of Islamization of science in its journey in addition to causing debate and pros and cons, in practice also has not shown significant results. Muslim intellectuals who are characterized by an attitude of dissatisfaction with the establishment and ignorance, always offer new ideas and thoughts that are sometimes out of the mainstreaming prevailing in the society. Islamic universities or other educational institutions where Muslim intellectuals are located, it is interesting to question their response to the idea of Islamization of the science and the concrete formulations it offers. Using qualitative data written by authoritative experts, this article further attempts to trace the response of Muslim intellectuals in Indonesia to the idea of the Islamization of scienc

References

Ahmad, S. Y. A. H. (2006). Alquran kitab sains dan medis. Grafindo.

Ahmed, P. Z. (2006). Influence of Islam on World Civilization. Adam Publishers & Distributors.

As-Sirjani, P. D. R. (2012). Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Pustaka Al Kautsar.

Bagir, H. (2018, September 15). Pendidikan Manusia Vs Kecerdasan Buatan. Kompas.

Dahana, R. P. (2018, April 16). Kejahatan Internet. Kompas.

Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2013). Managemen Syariah Dalam Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Hasbullah, M. (2000). Gagasan dan perdebatan Islamisasi ilmu pengetahuan: wacana dekonstruksi modernitas dan rekonstruksi alternatif sains Islam dalam Millenium Ketiga. Pustaka Cidesindo.

Kartanegara, M. (2005). Integrasi Ilmu. Bandung: Arasyy Mizan.

Kirmani, M. Z. (2001). The Qur'an and future of science (1. ed). Delhi: Global Vision Publ. House.

Langgulung, H. (2008). Asas-asas pendidikan Islam. Pustaka Al Husna Baru.

Lapidus, I. M. (2000). Sejarah sosial ummat Islam. RajaGrafindo Persada.

Muhaimin. (2003). Arah baru pengembangan pendidikan Islam: pemberdayaan, pengembangan kurikulum, hingga definisi Islamisasi pengetahuan. Nuansa.

Mulkhan, A. M. (2002). Nalar spiritual pendidikan: solusi problem filosofis pendidikan Islam. Tiara Wacana Yogya.

Nata, A. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Prenada Media.

Nata, A. (2005). Integrasi ilmu agama & ilmu umum. RajaGrafindo Persada.

Rahman, A. (1989). Al Qur'an sumber ilmu pengetahuan. Bina Aksara.

Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam, 70 Tahun Harun Nasution. (1989). Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat.

Roberto, B. (2018, September 8). Guru di Era Milenial.

Rosyada, D. (2016). Islam dan sains: upaya pengintegrasian Islam dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Jakarta: RM Books.

Saridjo, M. (2009). Mereka bicara pendidikan islam: sebuah bunga rampai. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shihab, M. Q. (1992). Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Pustaka.

Welsh, F. (2011). The History of the World. Quercus Books.

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

Nata, A. (2019). Respons intelektual muslim Indonesia terhadap gagasan islamisasi ilmu pengetahuan dan relevansinya terhadap tantangan era milenial. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 199–221. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2250

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>