Perkuliahan daring mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam pada masa darurat Covid-19

Authors

  • Muhammad Taufiqurrahman IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3151

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Perkuliahan Daring, Ilmu Pendidikan Islam

Abstract

This research aims to see student perception of online lectures since hit by a new disease known as Covid-19 using mix method. This study employed a qualitative approach to seeing student perceptions of online application use in online lectures while a quantitative approach to seeing student understanding of the online lecture material. Data is gathered through the distribution of poll, questionnaire, and summative tests. The results concluded that students prefer to use WhatsApp Group as an online application in an online lecture based on 4 categories of assessment, namely, display, ease of access, quota usage, and file size. Then, in the summative test, 31% of student test results are in the very high and high category, in the category of a percentage of 42.8% student test results. Last, in the low and very low category, the percentage of student test results was 25.8%. To sum up, this online lecture can be continued and combined with face to face lectures with more effective planning in line with Covid-19 emergencies.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring (online) selama masa darurat covid-19 dengan menggunakan mix method. Pendekatan kualitatif untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi daring dalam perkuliahan daring sedangkan pendekatan kuantitatif untuk melihat pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan daring. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, kuesioner dan tes sumatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa lebih menyukai WhatsApp Group sebagai aplikasi daring dalam perkuliahan daring berdasarkan 4 kategori penilaian yakni, tampilan, kemudahan akses, penggunaan kuota dan besaran file. Kemudian pada tes sumatif, sejumlah 31% hasil tes mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi, pada kategori sedang persentase hasil tes mahasiswa sebesar 42.8%. Terakhir pada kategori rendah dan sangat rendah, persentase hasil tes mahasiswa sejumlah 25,8%. Perkuliahan daring ini dapat dilanjutkan dan dikombinasikan dengan perkuliahan tatap muka dengan perencanaan yang lebih efektif sejalan dengan masa darurat covid-19.

References

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-Learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). Research : Computer, Information System & Technology Management. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Mata Kuliah Sosiologi Dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN Di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

CNN Indonesia. (14 Maret 2020). Mengenal Social Distancing Sebagai Cara Mencegah Corona. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200314102823-255-483358/mengenal-social-distancing-sebagai-cara-mencegah-corona

Dani Prabowo, Dkk, (14 Juni, 2020), UPDATE 14 Juni : Bertambah 857, Kasus Covid-19 Di Indonesia Jadi 36.277. Kompas.Com. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui https://nasional.kompas.com/read/2020/06/14/15563851/update-14-juni-bertambah-857-kasus-covid-19-di-indonesia-jadi-38277

Erin, E., & Maharani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Perkuliahan Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.39

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone And Mclean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165

Humas IAIN Bengkulu. Surat Edaran Rektor IAIN Bengkulu. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui Akun Instagram @Humasiainbengkulu

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education And Literature.

N.W. Koesmawardhani (17 Maret, 2020), Pemerintah Tetapkan Bencana Korona Hingga 29 Mei 2020. Detikcom. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui https://news.detik.com/berita/d-4942327/pemerintah-tetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020

Pingit Aria, Zoom Dan 4 Aplikasi Rapat Daring Selama Pandemi Covid-19, katadata.co.id, Diunduh Pada 29 Juni 2020 Melalui: https://katadata.co.id/berita/2020/04/01/zoom-dan-4-aplikasi-rapat-daring-selama-pandemi-covid-19

Pusdiklat Kemendikbud (24 Maret 2020), Surat Edaran Mendikbud No 40 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Covid-19. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Putra, A. T. (2015). Pengembangan E-Lecture Menggunakan Web Service Sikadu Untuk Mendukung Perkuliahan Di Universitas Negeri Semarang. Scientific Journal Of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4023

R. Sebayang (31 Januari, 2020), Awas ? WHO Akhirnya Tetapkan Corona Darurat Global. CNBC Indonesia. Diunduh Pada 15 Juni 2020 Melalui https://www.cnbcindonesia.com/news/20200131060856-4-134146/awas-who-akhirnya-tetapkan-corona-darurat-global

Stein, R. A. (2020). COVID-19 And Rationally Layered Social Distancing. International Journal Of Clinical Practice. https://doi.org/10.1111/ijcp.13501

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What Drives A Successful E-Learning? An Empirical Investigation Of The Critical Factors Influencing Learner Satisfaction. Computers And Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Tim Pengembang Whatsapp, Diunduh Melalui: https://www.whatsapp.com/about/?lang=id

W, C. F., Somantri, M., & R, M. A. (2016). Pengembangan Sistem Kuliah Daring Universitas Diponegoro Penanganan Sumber Daya Untuk Antar Muka Dosen Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Vol. 4, No. 3, September 2015 https://doi.org/10.14710/transient.4.3.878-884 .

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Taufiqurrahman, M. (2020). Perkuliahan daring mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam pada masa darurat Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 213–224. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3151

Issue

Section

Artikel