Pemetaan demografis kemampuan membaca Al-Qur'an mahasiswi Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak

Authors

  • Nurbiah Nurbiah Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.3563

Keywords:

Al Quran, AKBID Aisyiyah, pemetaan, pendidikan

Abstract

This study aims to assess the students' ability to read the Al-Quran at the Aisyiyah Midwifery Academy in Pontianak based on their regional origin and educational background. The research was conducted in the form of a descriptive correlative survey research. The population used as research subjects were students of AKBID Aisyiyah Pontianak class 2015 to 2017 who took the Al Quran reading and writing course. The results of data analysis showed that students who came from the district. Melawi, on average, has the ability to read the Koran which is better than students from other districts / cities in West Kalimantan. While students who come from the District. Sekadau tended to have the ability to read the Koran which was still low when he entered AKBID Aisyiyah Pontianak. The ability to read the Al-Quran new students from AKBID Aisyiyah Pontianak who came from Madrasah Aliyah had better scores (Good category) than new students from SMA and SMK (enough category).

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji kemampuan membaca Al Quran mahasiswa Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak berdasarkan asal daerah dan latar belakang pendidikannya. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian survei deskriptif korelatif. Populasi yang dijadikan sebagai subjek penelitian yaitu mahasiswa AKBID Aisyiyah Pontianak angkatan 2015-2017 yang mengambil mata kuliah baca tulis Al Quran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa yang berasal dari Kab. Melawi secara rata-rata memiliki kemampuan membaca Al Quran yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berasal dari Kab/Kota lain di Kalimantan Barat. Sedangkan mahasiswa yang berasal dari Kab. Sekadau cenderung memiliki kemampuan membaca Al Quran yang masih rendah saat masuk di AKBID Aisyiyah Pontianak. Kemampuan membaca Al Quran mahasiswa baru AKBID Aisyiyah Pontianak yang berasal dari Madrasah Aliyah memiliki nilai yang lebih baik (kategori Baik) dibandingkan mahasiswa baru yang berasal dari SMA dan SMK (kategori cukup).

Author Biography

Nurbiah Nurbiah, Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak

Kebidanan

References

Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak. (2017). Pedoman Akademik Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak Tahun 2017/2018. Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak.

Alam, Dt. T. (1995). Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai. Bumi Aksara, Jakarta Indonesia.

Amran. (2012). Kemampuan Siswa Mengaplikasikan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur'an Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 49 Siak Satu Atap Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak Sri Indrapura. Dalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta. Indonesia.

Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur'an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476

Damanik, A. S., & Ruwaida, I. (2005). Aktivitas keagamaan di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 3(3), 63–75.

Humam, A. (2005). Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Balai Litbang LPTQ Nasional Tim Tadarus, AMM, Yogyakarta Indonesia.

Iwandi. (2009). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Quran Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekan Baru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al- Qur'an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi al-Quran dan Hadis, 2(2), 143–168.

Munir, A., & Sudarsono. (1994). Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur'an. PT Rineka Cipta, Jakarta, Indonesia.

Rahmatullah, & Sumarji. (2018). Inovasi Pembelajaran Al-Qur'an. TA'LIMUNA, 7(1), 60–73.

Rusmanto. (2021). Konsep Al-Qur'an Tentang Kualitas Hidup Manusia Sebagai Seorang Khalifah Dan Maslahatnya Terhadap Makhluk Lainnya. Jurnal Studi Al-Qur'an, 17(1), 93–110. https://doi.org/DOI:doi.org/10.21009/JSQ.017.1.05

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Pub. L. No. 20, 26 (2003).

Songeb. (2010). Kemampuan Membaca Al- Qur'an , Pengaruhnya Terhadap Sikap Tawadhu'. (Studi Pada Siswa SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2009/2010). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Sunarto, A. (2009). Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Bintang Terang, Jakarta Indonesia.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya, Bandung Indonesia.

Widayat, E., Ardianik, & Kadar, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNITOMO Terhadap Indeks Prestasi Ditinjau dari Asal Sekolah. Must -Jurnal of Mathematic and Education Science and Technology, 4(2), 147–162.

Downloads

Published

2021-03-09

How to Cite

Nurbiah, N. (2021). Pemetaan demografis kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswi Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 100–118. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.3563

Issue

Section

Artikel