Implikasi pedagogis al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik

Authors

  • Muhammad Tang S Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muslimah Muslimah IAIN Palangka Raya
  • Akhmad Riadi Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Mukmin Mukmin Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4188

Keywords:

Al-Qur'an, Tugas, Fungsi, Guru, Pendidik

Abstract

The actualization of the values that existed in the holy book of the Al-Qur'an is expected to become a main reference in the pedagogic development. For many years, various studies on teachers in Islamic education based on the interpretation of the holy verses of the Al-Qur'an have been carried out. Therefore, this study aims to determine the pedagogical implications of QS Al-Ahzab verses 45-48 regarding teachers' duties and functions as educators. This research is a qualitative study, by using library research with content analysis took to explore the meaning of the text. Primary data took from various interpretations of the commentators regarding QS. Al-Ahzab verses 45-48, and secondary data are taken from literature such as articles from Islamic education journals and others. Data were analyzed by taking notes, selecting, analyzing, and classifying materials related to the research. From the results of the study, it is known that the pedagogical implications of QS. Al-Ahzab verses 45-48 regarding teachers' duties and functions as educators are as supervisors, entertainers, reminders, calls, and lights for students. This study's results are expected to become a theoretical reference regarding teachers' pedagogical theory in carrying out their profession.

 

Abstrak

Aktualisasi nilai yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur'an diharapkan menjadi referensi sentral dalam perkembangan ilmu pedagogi sehingga berbagai kajian mengenai guru dalam konteks pendidikan Islam yang berdasarkan penafsiran ayat-ayat suci Al-Qur'an telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pedagogis yang terkandung di dalam QS. Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kajian pustaka Library Research dengan metode analisis konten content analysis untuk menggali makna teks. Data primer diambil dari berbagai penafsiran para mufasir mengenai QS. Al-Ahzab ayat 45-48, dan data sekunder diambil dari literatur berupa artikel dari jurnal ilmu pendidikan Islam dan jurnal lain yang relevan. Data dianalisis dengan menginventarisasi, memilih, menelaah, dan mengelompokkan bahan-bahan pustaka yang sesuai dengan penelitian. Dari hasil kajian diketahui bahwa implikasi pedagogis QS. Al-Ahzab ayat 45-48 tentang tugas dan fungsi guru sebagai pendidik adalah sebagai pengawas, penghibur, pengingat, penyeru dan penerang bagi anak didik. Hasil kajian ini diharapkan menjadi referensi teori mengenai ilmu pedagogi bagi guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik.

References

Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 175–181. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.907

Al-Qurthubi, A. A. (2007). Tafsir Al-Qurthubi (Vol. 14). Pustaka Azzam.

Arsyad, M. (2013). Pendidikan Islam Perspektif Teologi. Jurnal al-Hikmah, 14(2), 177–187.

Asnawi, M. (2013). Kedudukan dan Tugas Pendidik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i2.28

Az-Zuhaili, W. (2003). Tafsir Al-Munir (Vol. 11). Gema Insani.

Baskoro, A. (2017). Hadis-hadis Rasulullah saw. Tentang Pendidik. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), Article 2. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/68

Beckett, K. S. (2013). Paulo freire and the concept of education. Educational Philosophy and Theory, 45(1), 49–62. https://doi.org/10.1080/00131857.2012.715385

Budiman, A. (2018). Menghulu Berbudaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas: Nilai Anti Korupsi pada Mata Diklat Anti Korupsi BPSDM Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 73–82.

Damarjati, D. (2019). Kasus Guru Jadi Korban Kekerasan Juga Terjadi di Luar Negeri. https://news.detik.com/internasional/d-4503888/kasus-guru-jadi-korban-kekerasan-juga-terjadi-di-luar-negeri

Dasmun. (2015). Studi Al-Quran dan Al-Hadits (Pendekatan Historis dan Filologi). Risí¢lah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.15

Hamka. (2020). Tafsir Al-Azhar (Vol. 7). Gema Insani.

Huda, M., Yusuf, B. J., Azmi Jasmi, K., & Nasir Zakaria, G. (2016). Al-ZarnÅ«jć«'s Concept of Knowledge (‘Ilm). SAGE Open, 6(3). https://doi.org/10.1177/2158244016666885

Hughes, P. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology [Book Review]. Qualitative Research Journal, 4(2), 164–166.

Ibn Katsir, A. F. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 6). Pustaka Imam Asy- Syafi'i.

Idhar. (2020). Profil Guru Ideal Dalam Perspektif Al Qur'an. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 4(2), 140–159.

Imants, J., & Van der Wal, M. M. (2020). A model of teacher agency in profesional development and school reform. Journal of Curriculum Studies, 52(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1604809

Ismail, M. F., Jasmi, K. A., & Tamuri, A. H. (2012). Basic Components for Islamic Education Teacher Training (Komponen Asas Untuk Latihan Guru Pendidikan Islam). Global Journal Al-Thaqafah.

Lubis, R. F. (2020). Guru Pendidikan Islam Dalam Konsep 5M. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 227–237. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.158

Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079

Mansyur, M. H. (2014). Pendidikan Ala "Paulo Freire” Sebuah Renungan. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 64–76.

Marlina. (2017). Pendidik Dalam Konteks Pendidikan Islam. Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 27–40.

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan Dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 11. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.98

Musanna, A. (2011). Model Pendidikan Guru Berbasis Ke-Bhinekaan Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 383. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.35

Niyozov, S., & Pluim, G. (2009). Teachers' perspectives on the education of muslim students: A missing voice in Muslim education research. Curriculum Inquiry, 39(5), 637–677. https://doi.org/10.1111/j.1467-873X.2009.00463.x

Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1891

Sahroji, A. (2017). Hari Guru Internasional, Ini Guru-guru yang Dipenjarakan Muridnya. https://nasional.okezone.com/read/2017/10/04/337/1788886/hari-guru-internasional-ini-guru-guru-yang-dipenjarakan-muridnya

Samsuri, S. A. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Al-Qur'an. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 123–141. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i11

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Mishbćh: Pesan, kesan, dan keserasian al-Qur'an (Vol. 11). Lentera Hati.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Wahyuddin. (2018). Konsep Pendidikan Al-Ghazali Dan Al-Zarnuji. Ekspose, 17, 549–561.

Wasehudin, W. (2018). Perspektif Al-Qur'an Dan Undang-Undang Tentang Guru Profesional. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 86. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13335

Zaim, M. (2020). Pemikiran Pendidikan Al-Zarnuji (Rekontruksi Epistimologi Pendidikan Modern Berbasis Sufistik-Etik). Muslim Heritage, 5(2), 305. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2360

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

S, M. T., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. (2021). Implikasi pedagogis al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 13–27. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4188

Issue

Section

Artikel