Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah

Authors

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212

Keywords:

Isu Sosial, Pembelajaran Fikih, Madrasah, Sekolah

Abstract

This study describes the learning of fikih in schools in various models, methods or strategies, and approaches that have a significant role in achieving the goals of learning efforts and responding to various problems in society. Therefore, the method becomes a way and a tool guide in order to achieve learning with a goal that can produce various materials and concepts of fikih that can be arranged in the Islamic religious education curriculum. With the existence of inappropriate fikih learning models, approaches and strategies will be an obstacle to the smooth running of learning at this stage of the process. Thus, an educator needs to have skills in choosing the right model, strategy and approach according to the characteristics of subjects and students. These models, strategies, and approaches will only get optimal results if they can be used to achieve the stated goals. To achieve various learning objectives, one thing that needs to be considered and applied is to consistently use models, strategies and learning approaches that are in accordance with the conditions in schools and madrasa. This research is in the form of literature study, namely research with the source of material from the library. So that, what is, done in making this research is exploration of some data.

 

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang pembelajaran fikih di sekolah dalam berbagai model, metode atau strategi, dan pendekatan yang memiliki andil signifikan dalam tujuan tercapai upaya pembelajaran serta merespons berbagai persoalan di masyarakat. Karena itu metode menjadi jalan dan petunjuk alat agar mencapai pembelajaran dengan tujuan yang dapat menghasilkan berbagai bahan dan konsep fikih yang dapat diatur pada kurikulum Pendidikan agama Islam. Dengan adanya model, pendekatan dan strategi pembelajaran fikih yang tidak sesuai akan menjadi penghambat kelancaran pembelajaran pada tahap prosesnya. Dengan demikian, seorang pendidik perlu memiliki keterampilan dalam memilih model, strategi dan pendekatan yang tepat sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik. Model, strategi, dan pendekatan ini hanya akan mendapatkan hasil yang optimal jika dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk meraih berbagai tujuan pembelajaran, maka salah satu yang perlu diperhatikan dan diterapkan adalah dengan konsisten memakai model, strategi dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di sekolah dan madrasah. Penelitian ini berupa studi kepustakaan, yaitu penelitian dengan sumber bahan dari perpustakaan. Sehingga yang dilakukan dalam pembuatan penelitian ini yaitu eksplorasi terhadap beberapa data.

Author Biography

Firman Mansir, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Islamic Studies

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Taklim, 463. http://jurnal.upi.edu/taklim/view/3336/implementasi-model-pembelajaran-berbasis-masalah--problem-based-learning--pada-lembaga-pendidikan-islam-madrasah.html

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.2307/539575

Mahmudah, I., Ridlwan, B., & Syamsuddin. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB FATH AL QARIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH DI MADRASAH DINIYAH AL ANWAR PACULGOWANG JOMBANG. EL-Islam (Education, Learning, and Islamic Journal), 1(01), 69–96.

Mansir, F. (2018). PENDEKATAN PSIKOLOGI DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61–73. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2042

Mansir, F. (2020). IDENTITAS GURU PAI ABAD 21 YANG IDEAL PADA PEMBELAJARAN FIQH DI SEKOLAH DAN MADRASAH. Muslim Heritage, 5(2), 435. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2343

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 4(2), 31–44.

Munawwara, M. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran CTL terhadap Kemampuan Metakognisi pada Pembelajaran Fiqh Peserta Didik di MTs DDI Tuppu Kabupaten Pinrang [Disertasi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11656/

Ningrum, E. (2009). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Makalah yang diseminarkan pada kegiatan Pelatihan dan Workshop Model-model Pembelajaran dalam Persiapan RSBI. Karawang.

Nurhayani, N. (2017). Penerapan Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Fikih Ibadah Bagi Siswa Di MTS YMPI SEI Tualang Raso Tanjung Balai. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(1), 88–104. https://doi.org/10.30821/ansiru.v1i1.812

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Falasifa, 1(1), 1–14.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode-tekniktaktik-dan-model-pembelajaran/.[20 Oktober 2008]. http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode-tekniktaktik-dan-model-pembelajaran/

Supriawan, D., & Surasega, A. B. (1990). Strategi Belajar Mengajar. FPTK-IKIP Bandung.

Suriadi, S. (2018). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fiqih (Studi di MIN Sekuduk, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas). Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.951

Suwito, S. (2016). PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA PELAJARAN FIQH DI MIN MUARA SIBAN PAGAR ALAM. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.29300/btu.v1i2.441

Syaifulloh, A. (2016). PENGARUH STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA. KHOZINATUL ‘ULUM BLORA JAWA TENGAH. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1148

Downloads

Published

2021-03-06

How to Cite

Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212

Issue

Section

Artikel