Efektivitas game komunikata pada mata pelajaran PAIBP di SMP At-Tibyan Pasuruan

Authors

  • Ayuma Rohmathul Farida Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4858

Keywords:

Tindakan Kelas, Game Komunikata, Peserta Didik

Abstract

Learning strategies that have been realized by educators in Indonesia have achieved various learning models that carry their respective advantages. Therefore, this research aims to determine the level of effectiveness of the communication game learning model. This research uses a quantitative approach with a comparative study model on classroom action research instruments from the results of the first cycle and the results of the second cycle. The average results obtained in the first cycle of 73.4 with a percentage of completeness of 50% while the average in the results of the second cycle of 81.7 with a percentage of completeness of 83.3%. In addition, the results of the correlation test between cycle I and cycle II showed that the correlation coefficient was at a value of 0.278 and a significance value of 0.136. And obtained the results of the hypothesis test based on the results of the paired samples test. So, the results of the statement revealed that there is an influence on the use of communication games on the subjects of Islamic Religious Education and Character Education on students at junior high school At-Tibyan Pasuruan.

 

Abstrak

Strategi pembelajaran yang telah direalisasikan oleh pendidik di Indonesia telah mencapai bermacam-macam model pembelajaran yang mengusung kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran game komunikata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model studi komparatif pada instrumen penelitian tindakan kelas dari hasil siklus I dan hasil siklus II. Didapatkan rata–rata pada hasil siklus I sebesar 73,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 50% sedangkan rata–rata pada hasil siklus II sebesar 81,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,3%. Selain itu, hasil pengujian korelasi antara siklus I dengan siklus II didapat hasil koefisien hubungan berada pada nilai 0,278 dan nilai signifikasi 0,136. Serta didapat hasil uji hipotesis berdasarkan hasil pengujian paired samples test. Sehingga hasil pernyataan mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan game komunikata pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik di SMP At-Tibyan Pasuruan.

References

Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Bela-jar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650

Amanah, N. R., Suprihartono, F. A., Fauziyah, R. N., Par'i, H. M., & Syahidatunnisa, U. S. (2019). EDUKASI GIZI DENGAN PERMAINAN KOMUNIKATA TERHADAP PENGE-TAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI SAYUR BUAH, JAJANAN DAN SARAPAN. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(1), 157–164. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.691

As'ari, R. (2018). PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MENJAGA KELESTARIAN KAWASAN BUKIT SEPULUH RIBU DI KOTA TASIKMALAYA. GeoEco, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/ge.v4i1.19166

Baroroh, K. (2009). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jep.v6i2.581

Febriani, F., Syafar, S., & Rukiyah, R. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK KONSENTRASI ANAK DI KELOMPOK A TK KARTIKA II-1 PA-LEMBANG. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.36706/jtk.v6i1.8352

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625

Harti, M. B., Sumarsih, S., & Suprapti, A. (2017). Penerapan Permainan Tebak Kata Un-tuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak (Penelitian Tindakan Kelas di Ke-lompok B PAUD Lestari Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 121–125. https://doi.org/10.33369/jip.2.2.121-125

Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). PELATIHAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN TEKNIK PUBLIKASI JURNAL ILMIAH BAGI GURU SMK NEGERI 1 RENGAT. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.418

Hidayat, N. (2015). PERAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBAL. EL TARBAWI, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Muljani, P. (2017). Efektivitas Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Satuan Debit. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1568

Nurcahyo, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Upaya Pen-ingkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Iklan, Sarana Komunikasi Pada Kelas VIII SMPN 1 Singosari. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.18592/ptk.v4i1.2123

Riduan, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Marabahan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1527

Saputra, K. E. A., Kadek Rai Suwena, S. P., & Dra. Lulup Endah Tripalupi, M. P. (2016). STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DITINJAU DARI JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2011. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpe.v6i1.6591

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). PENINGKATAN PROFESIONAL-ISME GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DENGAN MELAKUKAN PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 23(3), 383–386. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7474

Tambak, S. (2016). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614

Widayati, A. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indo-nesia, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Yahya, Y. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Posona Kecamatan Kasimbar. Jurnal Kreatif Online, 1(3), Article 3. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2721

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Farida, A. R., & Astutik, A. P. (2021). Efektivitas game komunikata pada mata pelajaran PAIBP di SMP At-Tibyan Pasuruan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 255–271. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4858

Issue

Section

Artikel