Implementasi Arbain pada praktik pengabdian masyarakat dalam pengembangan karakter santri Pondok Pesantren Al I'anah Cepu

Authors

  • M Nur Afif Magister Pasca Sarjana, Universitas Islam Malang
  • Sariman Sariman Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6243

Keywords:

Desain Pengembangan, Karakter Santri, Pengabdian Masyarakat

Abstract

This article aims to describe, analyze the planning, implementation, as well as the supporting and inhibiting factors for developing the character of the students of the Al I'anah Islamic boarding school through the Arbain program in community service practices. This research was carried out using a descriptive qualitative approach, aiming to understand the phenomena or events that were experienced by the research subjects. The results of this study are: character development planning for the students of Al I'anah Cepu Islamic Boarding School includes: determining the type of character to be developed including; social care, religion, discipline, responsibility, (2) learning models implemented in character development include; Koran sorogan study, yellow book study, habituation. (3) Awareness to act according to character values. Second, the implementation of character development of the students of the Al I'anah Cepu Islamic Boarding School implementing the Arbain program for community service through the design of the heart, thought, taste, and intention as well as sports. Third, the supporting and inhibiting factors for developing the character of students include; the competence of educators, the active role of the local community, the existence of students who are less able to adapt to the environment.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter santri pondok pesantren Al I'anah melalui program Arbain dalam praktik pengabdian masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan untuk memahami fenomena atau peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah: perencanaan pengembangan karakter santri Pondok Pesantren Al I'anah Cepu meliputi: penentuan tipe karakter yang akan dikembangkan meliputi; peduli sosial, religius, disiplin, tanggung jawab, (2) model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan karakter meliputi; Kajian sorogan Alquran, kajian kitab kuning, pembiasaan. (3) Kesadaran untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai karakter. Kedua, pelaksanaan pembinaan karakter santri Pondok Pesantren Al I'anah Cepu yang melaksanakan program Arbain pengabdian kepada masyarakat melalui rancang hati, olah pikir, rasa dan karsa serta olah raga. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter siswa antara lain; kompetensi pendidik, peran aktif masyarakat sekitar, keberadaan peserta didik yang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan.

References

Aedi, N. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Gosyen Publising.

Anshori, I., & Lestari, E. W. (2020). Penanaman karakter keagamaan peserta didik melalui pembelajaran sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (2), 193–212. https://doi. org/10. 32832/tadibuna. v9i2. 3110

Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Ar-Ruzz Media.

Chandra, P. (2020). Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 243–262.

Dhofier, Z. (2018). Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai. LP3ES.

Durori, 14913059. (2018). Pembentukan Karaktermelalui Program Pengabdian Masyarakat Santri Di Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul. https://dspace. uii. ac. id/handle/123456789/10631

Ghony, M. Dj., Wahyuningsih, Mashur, S., & Fauzan, A. (2020). Analisis dan Interprestasi Data Penelitian Kualitatif (Risa Trisnadewi, Ed. ; 1st ed. ). Refika.

Kurniawan, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4 (2), Article 2. https://doi. org/10. 24235/edueksos. v4i2. 660

Lestari, E. W., & Anshori, I. (2021). Pendidikan keagamaan anak keluarga muslim perdesaan pada era industri 4. 0. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (3), 319–336. https://doi. org/10. 32832/tadibuna. v10i3. 4939

Moleong, L. J. (2016). Metodolgi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaj Rosdakarya.

Mubarok, A. Z. (2019). Model pendekatan pendidikan karakter di pesantren terpadu. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1), 134–145. https://doi. org/10. 32832/tadibuna. v8i1. 1680

Muhammad Tholchah Hasan, Soetandyo, WignjosoebrotoWahab, Solikin Abdul, Islamy, Irfan, M, Bakri, Maskuri, & Sutopo, Hadi. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis.

Nofiaturrahmah, F. (2014). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1, 16.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 28 (1), 42–52. https://doi. org/10. 17509/jpis. v28i1. 14985

Remiswal, R., Basit, A., & Azmi, F. (2021). Pembentukan karakter anak usia sekolah melalui surau. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2), 168. https://doi. org/10. 32832/tadibuna. v10i2. 4766

Rosidi, I. (2018). Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (1), 106–120.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Vol. 2). Alfabeta.

Syafe'i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1), 61–82. https://doi. org/10. 24042/atjpi. v8i1. 2097

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Afif, M. N., & Sariman, S. (2022). Implementasi Arbain pada praktik pengabdian masyarakat dalam pengembangan karakter santri Pondok Pesantren Al I’anah Cepu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6243

Issue

Section

Artikel