Pelaksanaan blended learning di SD Islam Al-Mujahidin Cilacap sebagai solusi pembelajaran di era new normal

Authors

  • Hasan Makarim UIN Prof. KH. SAIFUDDIN ZUHRI Purwokerto
  • Fauzi Fauzi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7487

Keywords:

Pembelajaran Alternatif, New normal, Blended Learning.

Abstract

Limited face-to-face learning with various requirements began to be implemented in line with the outbreak of the Covid-19 case. Blended learning is a learning solution that can be implemented in the new normal era when it encounters several obstacles such as not achieving the material conveyed by each student and limited time for face-to-face learning meetings. This study aims to describe alternative learning in the new normal era, namely blended learning. In this study, the method used was descriptive qualitative with a case study approach. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. The resource persons in this study were principals, teachers, parents, and students of SD Islam Al-Mujahidin Cilacap. The data collected were analyzed by methods, data presentation reduction, and data verification. The results of this study are alternative learning in the new normal era which is applied through synchronous learning, pen tablet learning, asynchronous learning, and learning with videos that are proven to be very effective in applying at Al-Mujahidin Islamic Elementary School in the new normal era.

 

Abstrak

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan berbagai persyaratan mulai diberlakukan seiring merebaknya kasus Covid-19. Blended learning merupakan solusi pembelajaran yang bisa dilaksanakan di era new normal ketika menemui sejumlah kendala seperti tidak tercapai materi yang tersampaikan tiap siswa serta terbatas waktu pertemuan pembelajaran dengan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran alternatif di era new normal yaitu blended learning. Dalam penelitian ini metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa SD Islam Al-Mujahidin Cilacap. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode, reduksi penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran alternatif di era new normal yang diterapkan melalui pembelajaran synchronous, pembelajaran pen tablet, pembelajaran asynchronous, dan pembelajaran dengan video terbukti sangat efektif diterapkan di SD Islam Al-Mujahidin di era new normal.

 

References

Alonso, F., López, G., Manrique, D., & Viñes, J. M. (2005). An instructional model for web-based e-learning education with a blended learning process approach. British Journal of Educational Technology, 36(2), 217–235. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2005.00454.x

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2006). The Handbook of Blended Learning: Global Perspective, Local Design. Pfeiiffer.

Christopoulos, A., & Sprangers, P. (2021). Integration of educational technology during the Covid-19 pandemic: An analysis of teacher and student receptions. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1964690

ditpsd.kemdikbud.go.id/. (2021). Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/Infografis-Pedoman-PTMP SD.pdf

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learneing Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(April), 68–76.

Graha, G. K. (2021). Urgensi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/urgensi-pelaksanaan-pembelajaran-tatap-muka-secara-terbatas/

Hermanto, H., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502–1508. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.936

Kemdikbud.go.id. (2021). Serba-serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/serbaserbi-pembelajaran-tatap-muka-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-3

Khadaffi, Y., Jupriyadi, J., & Kurnia, W. (2021). Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New normal (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Krui). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 15–23.

Mafidah, E. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Dengan Menggunakan Pen Tablet. SECONDARY: Journal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 315–322.

Najmuddin, M. bin. (1991). Pengembangan Pendidikan Alternatif di Indonesia.

Nasution, S. I., & Yana, I. M. (2022). Keterlibatan Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Blended Learning Pada Masa Pandemi Di Desa Enggal Rejo Kabupaten Pringsewu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1531

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1118. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

siapbelajarjakarta.com. (2021). Siap Belajar Jakarta Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tahun Pelajaran 2021/2022. https://siapbelajarjakarta-jakartagis.hub.arcgis.com/

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. 3(2), 88–98.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita, 2(2), 50–56.

Yanto, H., Hidayah, R., Hajawiyah, A., Baroroh, N., & Wibowo, A. (2021). Developing operational accounting competencies during the pandemic using emergency online learning. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1926405

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Makarim, H., & Fauzi, F. (2022). Pelaksanaan blended learning di SD Islam Al-Mujahidin Cilacap sebagai solusi pembelajaran di era new normal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 400–410. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7487

Issue

Section

Artikel