Pemikiran pendidikan Adian Husaini dan panduan penyusunan kurikulum beradab untuk tingkat SMP

Authors

  • Andi Ahmad Mahasiswa MPAI Universitas Ibnu Khaldun Bohor
  • Budi Handrianto Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7550

Keywords:

pendidikan, kurikulum, adab

Abstract

The development of faith and morals has not become the main thing in the preparation and implementation of the national education system. This of course has an impact on the condition of the nation as it is today. Various moral problems continue to occur even in the educational environment itself. This condition necessitates the need to evaluate education in its various aspects. Husaini is a thinker and education practitioner who is persistent in criticizing and offering solutions to various educational problems in Indonesia. This study attempts to elaborate on Adian Husaini's educational thinking and formulate guidelines for the preparation of a civilized curriculum for the junior high school level. The nature of this research is qualitative research using the descriptive-analytical research method on Husaini's writings. This study reveals that Husaini's educational principle places the formation of adab as the core of the curriculum by prioritizing mastery of the fardhu 'ain sciences and the selection of fardhu kifayah sciences that are tailored to the needs of the people.

 

Abstrak

Pembinaan iman dan akhlak belum menjadi hal utama dalam penyusunan dan pelaksanaan sistem pendidikan nasional. Hal tersebut tentu saja berdampak pada kondisi bangsa seperti saat ini. Berbagai problematika moral terus terjadi bahkan di lingkungan pendidikan itu sendiri. Kondisi ini mengharuskan perlunya evaluasi pendidikan dalam berbagai aspeknya. Husaini adalah seorang pemikir juga praktisi pendidikan yang gigih mengkritik dan menawarkan solusi atas berbagai problematika pendidikan di Indonesia. Penelitian ini mencoba mengelaborasi pemikiran pendidikan Adian Husaini dan merumuskan pedoman penyusunan kurikulum beradab untuk tingkat SMP. Sifat dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif analitis terhadap karya-karya tulis Husaini. Penelitian ini mengungkapkan, prinsip pendidikan Husaini menempatkan pembentukan adab sebagai inti kurikulum dengan mengutamakan penguasaan terhadap ilmu-ilmu fardhu ‘ain serta pemilihan ilmu-ilmu fardhu kifayah yang disesuaikan dengan kebutuhan umat.

Author Biography

Andi Ahmad, Mahasiswa MPAI Universitas Ibnu Khaldun Bohor

Pengajar di Al Binaa Islamci Boarding School Bekasi

References

Alim, A. (2018). Pendidikan Jiwa Terapi Spiritual Manusia Modern. Al Mawardi Prima.

Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya Di Perguruan Tinggi. YPI-At Taqwa.

Ash-Shan'aniy, M. I. I. (2008). Subulus Salam Syarh Bulughil Maram Min Adillahtil Ahkam. Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Bakkar, A. K. (2011). Haula at Taribiyah wa at Ta'lim. Darul Qalam.

Easter, L. (2021). ICW: Ada 553 Penindakan Kasus Korupsi 2021, Potensi Kerugian Negara Rp 29,4 Triliun. https://nasional.kompas.com/read/2022/04/18/12231061/icw-ada-553-penindakan-kasus-korupsi-2021-potensi-kerugian-negara-rp-294,

Harun, S. (2007). Islam, Agama-agama, dan Toleransi. Jurnal Ilmiah Tajdid, 2(2).

Husaini, A. (2011). Makna Adab Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ta`dibuna, 1(1).

Husaini, A. (2015a). 50 Tahun Perjalanan Meraih Ilmu dan Bahagia. At-Taqwa Press.

Husaini, A. (2015b). Pesantren Shoul Lin. Hidayatullah.com. https://hidayatullah.com/kolom/catatan-akhir-pekan/read/2015/03/21/67073/pesantren-shoul-lin.html,

Husaini, A. (2016). 10 Kuliah Agama Islam Panduan Menjadi Cendekiawan Mulia dan Bahagia. Pro-U Media.

Husaini, A. (2019). Kiat Menjadi Guru Keluarga Menyiapkan Generasi Pejuang. Sukoharjo, Pustaka Arafah.

Husaini, A. (2020a). Bani Adam Atau Bani Monyet. https://www.adianhusaini.id/. https://member.adianhusaini.id/member/blog

Husaini, A. (2020b). Mengapa Pendidikan Melahirkan Generasi Gelisah dan Bingung. https://www.adianhusaini.id/. https://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/mengapa-pendidikan-melahirkan-generasi-gelisah-dan-bingung,

Husaini, A. (2020c). Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidayan 2045. YPI At Taqwa.

Husaini, A. (2020d). Perguruan Tinggi Ideal Di Era Disrupsi Pasca Covid 19 Konsep dan Aplikasinya. YPI At Taqwa.

Khaujah, L. (2017). Khuthah Fie Tarbiyah al Walad ‘Anashir Awwaliyyah. Yayasan Kalimah Thayyibah-Logos.

Tafsir, A. (2019). Filsafat Pendidikan Islami. PT. Remaja Rosdakarya.

Tamam, A. M. (2017). Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim. Spirit Media Press.

Tardi, S. A. (2022). Komnas Perempuan: Kasus Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan, Paling Tinggi di Universitas. https://www.voaindonesia.com/a/komnas-perempuan-kasus-kekerasan-seksual-di-lingkungan-pendidikan-paling-tinggi-di-universitas/6525659.html,

Tuharso. (2012). Pemikiran Dakwah Husaini Respon Terhadap Tantangan Modernitas [Thesis]. UMS.

Yazid, A. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Adian Husaini. dalam JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1).

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Ahmad, A., Handrianto, B., & Alim, A. (2022). Pemikiran pendidikan Adian Husaini dan panduan penyusunan kurikulum beradab untuk tingkat SMP. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 305–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7550

Issue

Section

Artikel