Dampak kebijakan pendidikan gratis bagi kualitas pendidikan di Pesantren Fath

Authors

  • Dia Hidayati Usman STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Amir Faishol Fath STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8706

Abstract

This study aimed to describe the impact of free education on the quality of education at the Fath Islamic Boarding School. Many assume that free schools are synonymous with low quality, even though many institutions have a free-fee policy and can produce good-quality students. This study took a sample from the Fath Sukawangi Islamic boarding school, Bogor, which adopted a policy of free education for students in it. The method used in this research is interviews and data collection, as well as a literature review in the form of research journals, documents, literature books, and scientific articles related to the central theme of discussion. The method used in this research is interactive analysis, namely data reduction, data display, and data verification. The results of this study show that a free policy in an educational institution will have a good impact when balanced with neat and professional governance.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan dampak pendidikan gratis pada kualitas pendidikan di Pesantren Fath. Banyak anggapan bahwa sekolah gratis identik dengan kualitas yang rendah, padahal banyak juga Lembaga yang mempunyai kebijakan biaya gratis dan bisa melahirkan peserta didik yang baik dan berkualitas. Penelitian ini mengambil sampel pesantren Fath Sukawangi Bogor yang mengambil kebijakan Pendidikan gratis bagi para peserta didik di dalamnya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah dengan wawancara dan pengumpulan data, serta kajian kepustakaan berupa jurnal-jurnal penelitian, dokumen-dokumen, buku-buku literatur dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan tema pokok pembahasan. Cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan gratis dalam sebuah lembaga pendidikan justru akan berdampak baik ketika diimbangi dengan tata kelola yang rapi dan profesional.

References

Anderson, J. E. (2006). Public Policy Making. Holt Rinehart & Winston.

Herdianto, D., Safitri, N., Rohman, M. A., Rifqi, M. A., & Nisa, K. (2022). The Zakat Effect: Evaluasi Dampak Pengelolaan Zakat Pada Bidang Pendidikan Menggunakan Servqual Model. Asyafina Journal: Jurnal Akademi Pesantren, 1(1), Art. 1.

Kalsum, U. (2016). Dampak Pendidikan Gratis Terhadap Kualitas Pengadaan Sarana Prasarana di Pondok Pesantren Hj. Haniah Madrasah Aliyah Kabupaten Maros [Diploma, UIN Alauddin Makassar].

Kartasasmita, G. (1993). Perencanaan pembangunan nasional. Universitas Brawijaya Malang, Fakultas Ilmu Administrasi.

Lestari, M. I. (2019). Sistem Pengelolaan Keuangan Program Pendidikan Gratis Di Pesantren. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 3(3), Art. 3.

MacRae, D. (1976). Technical communities and political choice. Minerva.

Marzuki, E. (2011). Kebijakan Program Sekolah Gratis (PSG) Dan Dampaknya Terhadap Akses Layanan Memperoleh Pendidikan Di Provinsi Sumatera Selatan. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 5(3), Art. 3.

Muazzinah, M. (2022). Aksesibilitas Pendidikan Gratis Bagi Masyarakat Miskin Pada Sekolah Swasta Islamic Boarding School di Aceh. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 7(2), Art. 2.

Munib, M., Farida, S., Rohim, R., Badruttamam, B., & Faddol, M. (2022). Manajemen Keuangan Dalam Kebijakan Pendidikan Gratis. Iqtisodina : Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Islam, 5(2), Art. 2.

Rahadian, A. H. (2012). Materi Kuliah Kebijakan Publik (Modul Kuliah). Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi STIAMI.

Suryadi, A., & Tilaar, H. A. R. (1994). Analisis Kebijakan Pendidikan: Suatu Pengantar. PT. Rosdakarya.

Suyahman, S. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1047-1054.

Yogi, Y. F. (2019). Manajemen keuangan dalam kebijakan pendidikan gratis di Pondok Pesantren Kalimasada Jombang [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya].

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Usman, D. H., Sauri, S., & Fath, A. F. (2022). Dampak kebijakan pendidikan gratis bagi kualitas pendidikan di Pesantren Fath. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 589–600. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8706

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)