KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN ISLAMI DALAM MANAJEMEN BOARDING SCHOOL

Authors

  • Iim Nurhalim Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1160

Abstract

Rasulullah ? adalah guru terbaik. Proses pendidikannya terbukti mampu melahirkan para pemimpin hebat kelas dunia, bahkan outcome ‘Madrasah Rasul’ ini telah melahirkan kelas menengah bawah yang dipandang remeh secara sosial menjadi pemimpin cemerlang, satu diantaranya adalah Bilal. Fakta ini sangat mengagumkan! Walaupun demikian, ada hal yang patut disayangkan, ternyata kajian yang membahas tentang cara Rasulullah ? mengkader pemimpin masih sangat terbatas. Selain itu, cukup memilukan juga mengetahui adanya gap yang sangat lebar antara kondisi ideal pendidikan Nabi dibandingkan dengan realitas pendidikan yang dialami kaum muslimin saat ini, khususnya di Indonesia yang masih dihiasi berbagai problem.

Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis akan berusaha memaparkan hasil analisis data tentang konsep pendidikan kepemimpinan yang mengikuti qudwah Nabi dan proses implementasinya dalam sekolah berasrama (boarding school) yang menjadi salah satu referensi sekolah pilihan orang tua saat ini.

Keywords : Management, education, islamic leadership and boarding school

References

Ali Nadwi, Abul Hasan, 1997, Pergulatan Iman dan Materialisme, Hikmah Surah al-Kahfi, Bandung: Mizan.

Al-Baghdadi, Abdurrahman, 1990, Umatku Bangkit dan Bersatulah Kembali, Jakarta: Gema Insani Press.

An Nadawi, Sulaiman, 2007, Sirah as-Sayyidah ?isyah Ummil Mu’min?n, (terj. Ghozi M.), Jakarta: Pena Pundi Aksara.

An-Nabhani, Taqiyuddin, 2003, Asy Syakhshiyah al Isl?miyah juz 1, Beirut, Libanon: Darul Ummah.

An-Nabhani, Taqiyyuddin, 2003, Nizham Islam, Peraturan Hidup Dalam Islam, Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Aribowo Prijosaksono dan Ping Hartono, 2003, Make Yourself A Leader, 5 Prinsip Mengembangkan Kepemimpinan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, KBBI Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hafidhuddin, Didin dan HendriTanjung, 2003, Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Harun Yahya, 2003, Menguak Akar Teroris, Jakarta: Iqra Insan Press.

Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Nabi Muhammad Sebagai Pedagang Profesional.[online],http://www.akhwatmuslimah.com/2016/01/15/4199/nabi-muhammad-sebagai-pedagang-profesional, 23 Agustus 2017.

Heru Saiful Anwar, “Membangun Karakter Bangsa”. At-ta’dib Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 8, (No.1), Juni 2013, hlm. 13-15.

Hideung, Abah, tanpa tahun, Nabi Muhammad Manusia Teragung Sepanjang Sejarah, Sukabumi: penerbit Mandiri.

Husaini, Adian, dkk., 2013, Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani.

Hisyam, Ibnu, 2015, Sirah Nabawiyah, Jakarta: Akbar Media.

Laporan Survey Nasional Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Pada Sektor Transportasi di Indonesia Tahun 2013. http:// www.bnn.go.id.

Lembaga Kajian Syamina,2016, Khalifah Ali bin Abi Thalib, Masa Stagnan Foreign Policy, publikasi Syamina, ed. xv.

M. Echols, John dan Hassan Shadily, 2010, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia.

M. Herujito,Yayat, 2001, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: PT Grasindo.

M. Iwan Yanuar, 2017, DNA Para Pejuang, Bogor: al-Azhar Press.

Mabes ABRI, Pusat Sejarah dan Tradisi ABRI,1995, Bahaya Laten Komunisme di Indonesia, Jakarta: Pusat Sejarah dan Tradisi ABRI.

Matin, 2013, Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press,

Muh. Khalid, Khalid, 2004, Karakteristik Perihidup Enam Puluh Sahabat Rasulullah, Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Musthafa, Adib Bisri, 1995, Tarjamah Shahih Muslim, Semarang: CV. Asy Syifa.

Najjati, M. Utsman,2000, Al-Qur’?n dan Ilmu Jiwa (terj.), Bandung: Penerbit Pustaka.

Nasution, Buchori, 2006, Pengantar Seri Leadership, Jakarta: Research Institute for Islamic Curriculum.

Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 1 point 4

Pornografi Di Kalangan Pelajar Mengerikan, [online], http://sp.beritasatu.com, 7 Agustus 2016.

Prijosaksono, Ariwibowo dan Hartono Ping, 2003, Make Yourself A Leader, 5 Prinsip Mengembangkan Kepemimpinan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Qalwun, Awy’ A., 2012, Rasulullah saw.; Guru Paling Kreatif, Inovatif dan Sukses Mengajar, Yogyakarta: Diva Press.

Ramadhan al Buthy, Muhammad Sa’id, 1999, Sirah Nabawiyah; Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di MasaRasulullah saw., Jakarta: Rabbani Press.

Sallis, Edward, 2012, Total Quality Management in Education, (terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurroji), Yogyakarta: IRCiSoD.

Setyawan Davit, 2014, Tawuran Pelajar Memprihatinkan Dunia Pendidikan. [online], www.kpai.go.id, 7 Agustus 2016.

Syukri Zarkasyi, Abdullah, 2011, Bekal Untuk Pemimpin, Pengalaman Memimpin Gontor, Ponorogo: Trimurti Press.

Tashilu an-Nazhr wa Ta’jilu azh-Zhufr fi Akhlaqi al-Malik.[Online), http://www.adabuna.blogspot.com.

Tempo, 2013, Tawuran Sekolah Jakarta Naik 44 Persen.[online], http://www.tempo.co, 10 Agustus 2016.

Tim Lintas Media, Kamus Indonesia-Arab dan Arab-Indonesia, Jombang: Lintas Media, t.th.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1.

Voaindonesia, 2015, UNDP: Indek Pembangunan Manusia Indonesia Mengalami Kenaikan. [Online], http://www.voaindonesia.com, 10 Agustus 2016

Widus Sempo, Muhammad, Kunci apa Dibalik Keberhasilan Tarbiyah Rasulullah saw? [Online], http://www.dakwatuna.com, 30 Juli 2016

Yahya, Harun, 2003, Menguak Akar Teroris, Jakarta: Iqra Insan Press.

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Nurhalim, I. (2019). KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN ISLAMI DALAM MANAJEMEN BOARDING SCHOOL. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 161–192. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1160

Issue

Section

Artikel