KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT IBNU SAHNUN

Authors

  • Arizqi Ihsan Pratama SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DARUNNAJAH BOGOR
  • Musthofa Musthofa SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DARUNNAJAH BOGOR

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1891

Keywords:

personality, teacher, Ibnu Sahnun.

Abstract

The purpose of this study was to Analyze the Concept of Teacher Personality according to Ibn Sahnun's Perspective. The research conducted is library research, namely research that uses ways to obtain information data by utilizing existing facilities in the library, such as books, magazines, documents, records, historical stories. The object of the research that is the focus of the analysis is the Concept of Teacher Personality in Ibn Sahnun's Perspective. In the Book of Adab Al-Muallimin by Ibnu Sahnun there are at least six personality concepts that must be possessed by a teacher, namely: Fair, Taqwa, Ikhlas, Patience, Being Kudwah Hasanah, and Attention to their students.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Konsep Kepribadian Guru menurut Perspektif Ibnu Sahnun. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk mendapatkan data informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan, seperti buku-buku, majalah, dokumen, catatan, kisah-kisah sejarah. Objek penelitian yang menjadi fokus analisis adalah Konsep Kepribadian Guru dalam Perspektif Ibnu Sahnun. Dalam Kitab Adab Al-Muallimin karya Ibnu Sahnun setidaknya ada enam konsep kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu: Adil, Taqwa, Ikhlas, Sabar, Menjadi Kudwah Hasanah, dan Perhatian terhadap anak didiknya.

References

Abdullah, A. (n.d.). Metodologi Penelitian Agama (pendekatan multidisipliner).

Ahyudi, I. (n.d.). Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Al-Ahwani, A. F. (n.d.). At-Tarbiyah Fi Al-Islam. Kairo: Daarul Ma’arif.

Alim, A. (n.d.). Pendidikan Jiwa Ibnu Jauzi dan Relevansinya terhadap pendidikan Spiritual Manusia Modern.

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka cipta.

Asy-Syalhub, F. B. A. A. (2015). Beginilah seharusnya menjadi Guru. Jakarta: Darul Haq.

Badruzaman, J. (2019). PEMIKIRAN AHMAD TAFSIR TENTANG GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Vol. 10). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.

Djam’an, S., & dkk. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, Saiful Bahri. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT RINEKA PUTRA.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Effendi, Z. (2017). Siswi SD di Surabaya Dipukul Oknum Guru Hingga Berdarah. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3416738/siswi-sd-di-surabaya-dipukul-oknum-guru-hingga-berdarah.

Fathuddin, A. U. (2010). Pemikiran Ibnu Sahnun Tentang Belajar Mengajar Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Pekalongan Forum Tarbiyah, 8(2).

Hasanah, A. (n.d.). Pengembangan Profesi Guru, Bandung. CV Pustaka Setia.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi Guru. bandung: CV Pustaka Setia.

Ismail, S. M. (1995). Muhammad Ibn Sahnun: An Educationalist and Faqih, Muslim Education Quarterly. The Islamic Academy Cambridge, 12(4).

Jalaluddin, dkk. (1994). Filsafat Pendidikan Islam; Konsep dan Perkembangan Pemikiranya. Jakarta: Raja Grapindo Pesada.

Jaya, A. A., & Komarudin, U. (2015). Endorphine Teacher. Jakarta: Luxima Metro Media.

Mardalis. (1996). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: bina aksara.

Muhadjir, N. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: rake Sarasin.

Mukhtar, A. (n.d.). Terjemah Kitab Adab Al-Muallimin. Karya Muhammad Ibnu Sahnun.

Musyahadah, A., Al-Hamat, A., & Mujahidin, E. (2019). KOMPETENSI PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI GURU MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR. 74 TAHUN 2008 (Vol. 10). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.

Najihah, A., Mat, M. Z. A., Najid, N. E. M., & Sawari, A. M. S. M. (2014). An Analysis of Ibn Sahnun?s Concept of Education and Its Relevance to the Current Educational System: With Special Reference to Adab Al-Mu’allimin. Journal of Al-Quran and Tarbiyyah, 1(1).

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru?: Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah, dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhnûn, M. bin. (1972). Kitâb dab al-Mu’allimîn, ditahqîq oleh Hasan Husnî ‘Abd al-Wahhâb. Tunis: Jami al-Huquq Mahfudzoh.

Syahrizal, & Adawiyah, R. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Sahnun: Analisis Kritis Kurikulum Pengajaran Di Institusi Pendidikan Dasar Islam. MIQOT, 1(2012).

Zakariya, A., & Muhayat, A. (2008). . Ibnu Sahnun Pemikir Pertama Pendidikan Islam. Riau: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Kubu Rohil.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT IBNU SAHNUN. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94–111. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1891

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)