MENGGAGAS MODEL IMPLEMENTASI KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH

Maemunah Sa'diah

Abstract


Wajah manis globalisasi telah diterima  secara terbuka oleh semua kalangan, namun wajah angkernya  juga tidak dapat dihindari.  Merupakan satu kenyataan bahwa  tidak sedikit peserta didik sekolah menengah pertama yang terpapar berbagai kasus yang memprihatinkan. Guru PAI menjadi tumpuan semua pihak agar budaya religius berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan menemukan model  pelaksanaan kompetensi  kepemimpinan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan  budaya religius di sekolah. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh gambaran yang lebih utuh terhadap dua variabel penelitian yaitu:variabel  X (kompetensi kepemimpinan GPAI) dan variabel Y (mengembangkan budaya religius sekolah.  Sample penelitian adalah peserta didik, guru PAI, kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Tahap pertama dilakukan penyebaran angket terhadap 262 kemudian diperdalam dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan budaya religius di lima sekolah telah tumbuh dengan baik, sedangkan pengembangannya masih membutuhkan upaya masimal dari semua pihak khususnya GPAI yang secara langsung bertanggung jawab terhadap berkembangnya budaya religius di sekolah. Sejumlah kendala juga ditemukan baik dari  sisi kebijakan yang belum berpihak terhadap  penerapan kompetensi leadership GPAI secara maksimal, strategi maupun pengembangan  program kerja yang belum optimal. Dari hasil penelitian ditemukan model untuk pelaksanaan kompetensi GPAI dalam mengembangkan budaya religius di sekolah seperti digambarkan dalam tabel 3.


Keywords


Kompetensi Leadeshif; GPAI; Budaya Religius.

References


Arikunto, Suharsimi. 2010,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta.

Chaniago, Aspizain. 2010, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Pendekatan Teori dan Praktik, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Fathurrohman, Muhammad, 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan : Tinjaun Teoritik dan Praktik Kontekstualiasasi Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Kalimedia.

Husaini, Adian. 2018. Pendidikan Islam : Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045, Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Ihsan, Fuad, 2010. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rinekaa Cipta.

Maemunah Sa’diyah, E Mujahidin, 2015. Upaya Membangun Budaya Akademik Guru, Bogor: Jurnal Pendidikan Islam Fikrah.

Wulan Desi, Maemunah Sa’diyah, 2019. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMAN 2 Kota Bogor, JMP Online Vol. 3 N0.3 Maret (2019) 458, diakses Sabtu 18 Juli Pukul 08 : 33.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, Bab IV pendidik dan tenaga kerja pendidikan, bagian 1 Guru pendidikan Agama Islam no. 16 Tahun 2010 Pasal 16.

Rochman, Chaerul, Heri Gunawan, 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, Bandung:Nuansa Cendekia.

Sahlan, Asmaun, 2009. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press.

Sagala, Syaiful, 2008. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sholeh, Makherus, 2016. Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Buda Religius di Sekolah (Studi di SD LPI Zamrotus Salamah Tulungagung), Jurnal Ilmiah PGMI. Vol. VI, N0. 01.

Wahyudi, Ujang, E. Bahrudin, Maemunah Sa’diyah, 2018, Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Akhlak Peserta didik, Universitas Ibn Khaldun: Jurnal Tawazun Volume 11 No.1

Ujang, Wahyudi, Memunah Sa’diyah. Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Islam di

SMPIT At-Taufiq. 2018, Jurnal Seminar Nasional: pkm.uika-bogor.co.id, diakses Tanggal 15 Januari 2018 pukul 17.00.

Tinneke E. M. Sumual, , 2015. Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado, Mimbar Vol. 31, N0.1




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2682

Article Metrics

Abstract view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maemunah Sa'diah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335